Pengembangan bahan ajar berpidato Bahasa Jawa berbasis multimedia interaktif untuk siswa SMP di Malang / Susanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berpidato Bahasa Jawa berbasis multimedia interaktif untuk siswa SMP di Malang / Susanto

Susanto (2010) Pengembangan bahan ajar berpidato Bahasa Jawa berbasis multimedia interaktif untuk siswa SMP di Malang / Susanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Susanto. 2007. Pengembangan Bahan Ajar Berpidato Bahasa Jawa Berbasis Multimedia Interaktif untuk Siswa SMP di Malang. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dawud M. Pd (II) Dra. Endah Tri Priyatni M. Pd Kata kunci Pengembangan Bahan Ajar Multimedia Interaktif Bahasa berkembang dalam kehidupan masyarakat dari waktu ke waktu. Beragam bahasa tumbuh dan berkembang mengikuti perkembangan budaya masyarakat. Globalisasi yang cepat menyebabkan meningkatnya tingkat mobilitas masyarakat. Mobilitas masyarakat mengakibatkan munculnya persinggungan budaya. Persinggungan budaya berimbas pada munculnya kompetisi bahasa secara tidak langsung. Salah satu bahasa yang mengalami kompetisi adalah bahasa Jawa. Kondisi ini harus disikapi dengan usaha-usaha pelestarian adalah bahasa Jawa. Dalam rangka pelestarian bahasa Jawa Pemerintah Daerah yang bersangkutan berusaha melakukan pembelajaran bahasa daerah di tingkat sekolah dasar dan menengah. Dalam kenyataannya pembelajaran bahasa Jawa mengalami hambatan-hambatan berkaitan dengan bahan ajar sarana prasarana kurikulum dan SDM pendidiknya. Pada pembelajaran bahasa Jawa terdapat banyak materi yang dibelajarkan kepada para siswa. Materi-materi itu meliputi ketrampilan menyimak berbicara membaca dan menulis bahasa Jawa. Salah satu kompetensi berbahasa Jawa yang dianggap penting adalah berpidato bahasa Jawa. Kompetensi ini dibelajarkan di tingkat SMP pada level kelas IX. Apabila memperhatikan kondisi pembelajaran bahasa Jawa yang mengalami hambatan pada kurangnya bahan ajar maka perlu ada usaha pengembangan bahan ajar yang dibutuhkan tersebut. Dengan pemanfaatan teknologi komputer yang memiliki berbagai keunggulan bahan ajar yang dimaksud dapat diwujudkan dalam format multimedia interaktif. Masalah dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut. Pertama bagaimana wujud bahan ajar berpidato bahasa Jawa berbasis multimedia interaktif Kedua bagaimana tingkat kelayakan produk bahan ajar berpidato bahasa Jawa berbasis multimedia interaktif dilihat dari aspek isi penyajian dan interaktivitasnya Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar berpidato bahasa Jawa berbasis multimedia interaktif dan mendeskripsikan tingkat kelayakannya. Penelitian yang dilakukan menghasilkan produk bahan ajar yang disajikan ke dalam bentuk CD interaktif berbantuan komputer. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Prosedur penelitian dilakukan dalam empat tahap yaitu tahap persiapan pengembangan uji kelayakan dan revisi media. Sumber data uji kelayakan adalah tiga orang ahli yang meliputi ahli isi ahli media dan guru bahasa Jawa. Uji kelayakan juga dilakukan kepada 10 orang siswa yang dipilih. Metode pengumpulan data dengan menggunakan angket dan wawancara. Analisis data yang dipakai adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah bahan ajar berbasis multimedia interaktif yang disajikan dalam bentuk CD ROM. Bahan ajar berisi materi-materi dan latihan tentang berpidato bahasa Jawa yang meliputi pendahuluan contoh latihan glosari dan penutup. Pendahuluan berisi tujuan pembelajaran dan pengantar materi/isi berisi teori-teori berpidato dan tatacara berpidato. Contoh berisi contoh teks pidato dan kegiatan berpidato. Latihan berisi soal-soal menyusun teks pidato dan praktik pidato. Glosari berisi penjelasan beberapa kata-kata sulit. Penutup berisi daftar pustaka yang digunakan untuk menyusun bahan ajar. Bahan ajar disajikan dalam format multimedia interaktif berbantuan komputer. Uji kelayakan dilakukan oleh ahli isi ahli media guru dan 10 orang siswa. Kriteria uji kelayakan oleh ahli meliputi kelayakan materi penyajian dan interaktivitas. Sedangkan kriteria uji kelayakan yang dilakukan oleh siswa berdasarkan penyajian dan materi/isi. Dari data yang diperoleh disimpulkan bahwa bahan ajar ini memiliki kelayakan isi/materi yang baik. Dalam penyajiannya bahan ajar ini bisa dikategorikan mudah untuk digunakan. Bahan ajar ini juga memiliki interaktivitas yang baik yang memberikan kebebasan kepada siswa untuk mempelajarinya. Secara umum bahan ajar ini layak digunakan atau dilanjutkan pada pengembangan yang lebih luas. Demi menyempurnakan bahan ajar ini disarankan beberapa hal tentang pemanfaatan penyebarluasan dan pengembangan lebih lanjut. Pertama pada pemanfaatannya bahan ajar yang dikembangkan diharapkan disesuaikan dengan kebutuhan situasi dan kondisi. Bahan ajar ini digunakan dengan variasi metode pembelajaran yang lain misalnya bahan ajar ini dikombinasikan dengan bahan ajar lain yang dimiliki guru diajarkan dengan permainan-permainan atau dengan metode semi terpimpin. Kedua mengingat keterbatasan-keterbatasannya disarankan kepada pengguna bahan ajar ini untuk memadukannya dengan bahan-bahan lain atau sumber-sumber lain sehingga materi dapat diserap dengan komprehensif. Dalam rangka diseminasi bahan ajar dapat disebarluaskan dengan mudah dan murah. Bahan ajar yang dikembangkan dapat diubah ke dalam bentuk bahan ajar on line di internet. Walaupun mudah dan murah diharapkan partisipasi dari semua komponen yang berkecimpung dalam dunia pendidikan bahasa Jawa untuk mendukung sosialisasi bahan ajar ini sehingga proses diseminasi akan lebih maksimal. Proses pengembangan bahan ajar seharusnya dilakukan secara berkesinambungan. Pengembangan yang dilakukan pada penelitian ini baru sampai pada tahap uji terbatas. Hal ini terjadi karena terbatasnya kondisi dan waktu. Untuk menyempurnakan bahan ajar perlu dilakukan tahap uji coba yang lebih luas dan berkesinambungan. Dari uji coba ini akan diperoleh data yang lebih akurat dan luas mengenai bahan ajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/139329

Actions (login required)

View Item View Item