Mendokumentasikan upacara Odalan masyarakat Hindu Dharma dusun Djunggo Kota Batu / Adi Kusumajaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Mendokumentasikan upacara Odalan masyarakat Hindu Dharma dusun Djunggo Kota Batu / Adi Kusumajaya

Kusumajaya, Adi (2009) Mendokumentasikan upacara Odalan masyarakat Hindu Dharma dusun Djunggo Kota Batu / Adi Kusumajaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Indonesia sebagai sebuah negara kepulauan yang memiliki banyak ragam kebudayaan suku ras dan agama yang memberikan daya tarik tersendiri untuk diketahui. Salah satu diantaranya ialah upacara adat istiadat masyarakat Hindu Dharma dusun Djunggo kota Batu Jawa Timur. Masyarakat di dusun Djunggo yang berjumlah sekitar kurang lebih 80 kepala keluarga ini yang beragama Hindu merupakan masyarakat yang memegang teguh adat istiadatnya yang didalamnya termasuk juga kehidupan sosial baik antar sesama umat Hindu ataupun dengan umat dari agama lain ajaran-ajaran agamanya dan juga tentang tata cara keagamaan Hindu itu sendiri baik tata cara upacaranya ataupun hari-hari besarya. Dengan adanya perancangan film dokumenter ini diharapkan menciptakan suatu rancangan film dokumenter dan rancangan desain tentang upacara Odalan masyarakat Hindu Dharma dusun Djunggo kota Batu lewat pendekatan audio visual yang menarik dan komunikatif. Perancangan ini dilakukan dengan pengambilan gambar di susun Djunggo kota Batu tanggal 18 Juni 2008 pada saat upacara Odalan berlangsung. Pada perancangan film dokumenter ini digunakan model prosedural yaitu model yang bersifat deskriptif yaitu menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan satu bentuk film dokumenter yang lebih natural dan lebih obyektif Hasil perancangan ini menghasilkan sebuah produk film dokumenter tentang upacara Odalan dari dusun Djunggo kota Batu. Film ini dibuat dengan durasi 20 menit yang disajikan dalam dua format yaitu DVD (Digital Video Disc) dan VCD (Video Compact Disc) dan menghasilkan media pendukung film dokumenter ini yang berguna untuk sarana komunikasi dan memperkenalkan upacara Odalan sebagai wacana menambah pengetahuan kebudayaan bagi masyarakat. Berdasarkan hasil perancangan film dokumenter upacara Odalan ini dapat dijadikan bahan kajian perancangan film dokumenter berikutnya dan sebagai penyempurnaan pada perancangan di masa datang. Demikian kajian dan saran terhadap produk maupun pengembangan lebih lanjut dari film dokumenter tentang upacara adat Odalan yang diproduksi tahun 2008 ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13931

Actions (login required)

View Item View Item