Perancangan komik iklan layanan masyarakat tentang bahaya pergaulan bebas di kalangan remaja / Khoirul Arif - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan komik iklan layanan masyarakat tentang bahaya pergaulan bebas di kalangan remaja / Khoirul Arif

Arif, Khoirul (2009) Perancangan komik iklan layanan masyarakat tentang bahaya pergaulan bebas di kalangan remaja / Khoirul Arif. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arif Khoirul. 2008. Perancangan Iklan Layanan Masyarakat tentang Bahaya Pergaulan Bebas di Kalangan Remaja dalam bentuk Komik. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbimg (I) Dr. Moeljadi Pranata M.Pd. (II) Drs. Didiek Rahmanadji. Kata kunci perancangan iklan layanan masyarakat pergaulan bebas komik. Pergaulan bebas adalah salah satu dari sekian faktor yang menghancurkan masa depan generasi muda bangsa. Oleh karenanya untuk meningkatkan kesadaran remaja terhadap bahaya pergaulan bebas maka dibutuhkan iklan layanan masyarakat tentang bahaya pergaulan bebas di kalangan remaja. Yang mana salah satunya adalah dengan menggunakan komik sebagai media. Pemilihan komik sebagai media dikarenakan media komik merupakan media yang disukai oleh remaja yang merupakan segment dari pesan yang diangkat dalam iklan. Dengan demikian diharapkan pesan yang hendak disampaikan dapat diterima dengan baik oleh segment iklan. Maksud dan tujuan dari disusunnya perancangan komik iklan layanan masyarakat tentang berbahayanya pergaulan bebas ini adalah untuk menginspirasi kaum remaja dan memberikan alternatif solusi tentang berbagai permasalahan remaja dengan spesifikasi pengarahan dan pemahaman tentang berbahayanya pergaulan bebas di kalangan remaja. Model perancangan yang dibuat adalah menggunakan model perancangan yang bersifat prosedural yang menerangkan langkah-langkah yang dilakukan untuk menghasilkan produk. Data yang dipakai sebagai acuan berupa data-data yang bersumber dari kepustakaan pengalaman pribadi dan dari perkuliahan yang diikuti oleh penulis. Hasil perancangan ini adalah empat buah produk visual komik sebagai media penyampaian iklan layanan masyarakat tentang bahaya pergaulan bebas di kalangan remaja. Keempat buah komik itu diantaranya adalah komik tentang cerita bahaya rokok komik tentang bahaya minuman keras komik tentang bahaya narkoba dan komik tentang bahaya free sex. Keempat cerita tersebut merupakan tema pokok dari pergaulan bebas yang meliputi rokok minuman keras narkoba dan free sex. Berdasarkan perancangan ini dapat disarankan agar dikembangkan peran komik dengan lebih dalam tidak hanya sebagai media hiburan saja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Apr 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13929

Actions (login required)

View Item View Item