Perancangan buku panduan "Visit to Malang" sebagai media komunikasi para turis domestik dan mancanegara (Backpacker) / Surya Afandy - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan buku panduan "Visit to Malang" sebagai media komunikasi para turis domestik dan mancanegara (Backpacker) / Surya Afandy

Afandy, Surya (2009) Perancangan buku panduan "Visit to Malang" sebagai media komunikasi para turis domestik dan mancanegara (Backpacker) / Surya Afandy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kota Malang merupakan Kota dengan potensi wisata yang luar biasa. Suasana sejuk dengan dihiasi bangunan bangunan kuno peninggalan era kolonial serta lokasi obyek-obyek wisata baik itu wisata kuliner budaya buatan dan belanja yang tersebar di Kota Malang. Pemerintah Kota Malang telah membuat berbagai macam media promosi untuk wisata Kota malang diantaranya penulisan buku tentang sejarah Kota Malang mengadakan event event pameran wisata Kota Malang di luar daerah pembuatan brosur booklet dan lain sebagainya. Sayangnya para wisatawan backpacker atau wisatawan dengan biaya terbatas masih belum memiliki buku panduan mengenai tempat tempat wisata kuliner serta penginapan yang memiliki harga murah namun tetap nyaman di Kota Malang yang selama ini ada adalah buku panduan untuk kalangan wisatawan umum. yang pada akhirnya dapat memberikan citra positif pada pariwisata Kota Malang. Perancangan ini bertujuan untuk mengkomunikasikan citra pariwisata Kota Malang secara efektif dan efisien melalui konsep desain yang sesuai dengan program promosi wisata Kota Malang serta wujud karya desain yaitu buku panduan berwisata yang sesuai bagi para wisatawan khususnya wisatawan Backpacker. Perancangan yang terbentuk berupa media komunikasi visual lini bawah berupa buku panduan berwisata sebagai promosi Kota Malang untuk wisatawan backpacker. Model perancangan yang digunakan adalah model perancangan prosedural atau model perancangan bersifat deskriptif yang menerangkan langkah-langkah yang dilakukan untuk menghasilkan produk. Data yang dipakai sebagai acuan berupa data-data yang bersumber dari observasi dan wawancara secara langsung kepada pihak Dinas Pariwisata Dan Komunikasi Kota Malang serta beberapa kalangan Backpacker lokal. Berdasarkan data yang terkumpul dapat diketahui tempat tempat wisata serta penginapan dengan harga terjangkau yang terdapat di Kota Malang. Sehingga program launching buku panduan berwisata di Kota Malang untuk wisatawan backpacker perlu diadakan dengan media-media pendukung berbasis print media yang sebelumnya telah dilakukan proses uji kelayakan. Berdasarkan perancangan ini saran penulis adalah perlunya penambahan lahan hijau dan perbaikan sarana dan prasarana penunjang pariwisata serta mempertahankan bentuk bangunan era kolonial. Selain itu memperbaiki manajemen komunikasi visualnya dengan melibatkan tenaga yang profesional sesuai bidangnya demi kemajuan pariwisata di Kota Malang.i

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 May 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13926

Actions (login required)

View Item View Item