Peningkatan kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa kelas III SD Negeri Sumbersari II Malang dengan menggunakan media gambar tunggal / Rizki Ningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa kelas III SD Negeri Sumbersari II Malang dengan menggunakan media gambar tunggal / Rizki Ningtyas

Ningtyas, Rizki (2010) Peningkatan kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa kelas III SD Negeri Sumbersari II Malang dengan menggunakan media gambar tunggal / Rizki Ningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ningtyas Rizki. 2008. Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi Siswa Kelas III SD Negeri Sumbersari II Malang dengan Menggunakan Media Gambar Tunggal. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sumadi M.Pd. Kata kunci kemampuan menulis deskripsi gambar tunggal. Pembelajaran bahasa dan sastra indonesia terdiri dari empat aspek yaitu menulis membaca berbicara dan menyimak. Sesuai dengan Standar Isi Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) tahun 2006 untuk Sekolah Dasar kompetensi dasar untuk keterampilan menulis yang diajarkan salah satunya adalah menulis paragraf deskripsi. Pembelajaran menulis paragraf deskripsi telah dilaksanakan di SDN Sumbersari II Malang tapi hasil menulis yang diperoleh belum mencapai Standar Ketuntasan Minimal (SKM) yang ditetapkan yaitu 65. Dari kegiatan observasi diketahui bahwa terdapat permasalahan yang dialami siswa kelas III SDN Sumbesari II Malang dalam menulis paragraf deskripsi. Permasalahan yang dialami yaitu permasalahan pada hasil pembelajaran. Dari permasalahan yang ditemukan peneliti dan guru kelas III SDN Sumbersari II Malang berkolaborasi untuk memecahkan masalah yang dialami oleh siswa dengan merencanakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian yang dilakukan di kelas III SDN Sumbersari II Malang yaitu memberikan tindakan berupa pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan menggunakan media gambar tunggal. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa kelas III SDN Sumbersari II Malang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2008 sampai dengan November 2008 di SDN Sumbesari II Malang. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa dan guru kelas SDN Sumbersari II Malang. Data penelitian ini adalah data produk yang berupa paragraf deskripsi hasil tulisan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pembelajaran menulis paragraf deskripsi terjadi peningkatan pada aspek isi dan aspek kebahasaan dari siklus I ke siklus II. Aspek isi pada siklus I ke siklus II meningkat sebesar 31 28%. Aspek kebahasaan pada siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan sebesar 34 28%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media gambar tunggal dapat meningkatkan kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa kelas III SDN Sumbersari II Malang. Berdasarkan penelitian peningkatan kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa kelas III SDN Sumbersari II Malang dengan menggunakan media gambar tunggal disarankan pada guru Bahasa Indonesia untuk (1) menggunakan media gambar tunggal dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi (2) melakukan pembelajaran yang menjadikan siswa aktif dan mampu memberikan rasa senang dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia salah satunya dengan menggunakan media gambar tunggal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/139200

Actions (login required)

View Item View Item