Peningkatan kemampuan menulis artikel siswa kelas X-2 SMA Negeri 1 Lumajang dengan menggunakan strategi 3M (mengumpulkan bahan, menulis, menyunting) / Iwan Hadi Santoso - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis artikel siswa kelas X-2 SMA Negeri 1 Lumajang dengan menggunakan strategi 3M (mengumpulkan bahan, menulis, menyunting) / Iwan Hadi Santoso

Santoso, Iwan Hadi (2010) Peningkatan kemampuan menulis artikel siswa kelas X-2 SMA Negeri 1 Lumajang dengan menggunakan strategi 3M (mengumpulkan bahan, menulis, menyunting) / Iwan Hadi Santoso. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kata kunci menulis artikel strategi 3M Menulis artikel merupakan salah satu kompetensi berbahasa dan bersastra kurikulum 2006 kelas X SMA matapelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Dari pembelajaran tersebut siswa diharapkan mampu menulis artikel dengan baik. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan pada studi pendahuluan siswa mengalami kesulitan pada bagian pengembangan bahasan tulisan saat ditugasi oleh guru untuk menulis artikel. Permasalahan yang dihadapi oleh siswa tersebut disebabkan kurang maksimalnya pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru sehingga hasil yang dicapai siswa kurang maksimal. Strategi 3M merupakan salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis artikel. Strategi ini merupakan suatu strategi yang di dalamnnya menggambarkan proses dalam menulis artikel sampai dengan menghasilkan sebuah teks artikel. Kegiatan tersebut mulai dari (1) M Mengumpulkan Bahan (2) M Menulis (3) M Menyunting. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini meliputi beberapa tahap yaitu (1) studi pendahuluan (2) persiapan penelitian (3) pelaksanaan penelitian (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN I Lumajang. Data penelitian ini berupa data verbal dan nonverbal. Sumber data penelitian ini berasal dari siswa guru dan peristiwa pembelajaran keterampilan menulis artikel dengan menggunakan strategi 3M siswa kelas X-2 SMAN I Lumajang yang dilaksanakan pada tanggal 6 Mei 2008 sampai dengan 9 Juni 2008. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti dan guru sedangkan instrumen penunjangnya berupa pedoman observasi pedoman wawancara catatan lapangan dan rubrik penilaian. Strategi 3M meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis artikel baik proses maupun hasilnya. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh strategi 3M dapat meningkatkan kemampuan menulis artikel siswa kelas X-2 SMAN I Lumajang. Oleh karena itu disarankan kepada (1) guru guru yang menghadapai kesulitan dalam pengajaran keterampilan menulis artikel dapat menggunakan strategi 3M (2) sekolah sekolah diharapkan memberikan kebebasan kepada guru untuk mengembangkan dan menciptakan strategi (3) siswa siswa disarankan agar selalu aktif dalam setiap proses pembelajaran (4) peneliti lain peneliti diharapkan mampu mengembangkan dan menciptakan strategi pembelajaran yang inovatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/139189

Actions (login required)

View Item View Item