Strategi pengajaran kegiatan ekstrakurikuler tari di Taman Kanak-Kanak Laboratorium Universitas Negeri Malang / Yuriet Natalia Citra Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi pengajaran kegiatan ekstrakurikuler tari di Taman Kanak-Kanak Laboratorium Universitas Negeri Malang / Yuriet Natalia Citra Dewi

Dewi, Yuriet Natalia Citra (2009) Strategi pengajaran kegiatan ekstrakurikuler tari di Taman Kanak-Kanak Laboratorium Universitas Negeri Malang / Yuriet Natalia Citra Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dewi Citra Natalia Yuriet. 2008. Strategi Pengajaran Tari di Taman Kanak-kanak Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi. Jurusan Seni dan Desain Program Studi Pendidikan Seni Tari Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Soerjo Wido M M.Pd Pembimbing (II) Drs. Iriaji M.Pd. Kata Kunci Strategi Pengajaran Tari TK Laboratorium Universitas Negeri Malang merupakan salah satu TK yang menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler tari. Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan pengajaran ekstrakurikuler tari bagaimana penyampaian pengajaran ekstrakurikuler tari bagaimana pengelolaan kelas ekstrakurikuler tari di TK Laboratorium UM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan pengajaran ekstrakurikuler tari penyampaian pengajaran ekstrakurikuler tari pengelolaan kelas ekstrakurikuler tari di TK Laboratorium UM. Penelitian ini dilakukan di TK Laboratorium UM bulan Oktober sampai dengan November 2008. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif. Subyek penelitiannya adalah guru ekstrakurikuler tari dan Kepala Sekolah. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan wawancara observasi dan dokumen. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data penyajian data serta pengambilan keputusan dan verifikasi. Untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi yang terdiri dari trianggulasi sumber trianggulasi waktu dan trianggulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan pengajaran dalam kegiatan ekstrakurikuler di TK Laboratorium UM tidak dibuat secara tertulis kecuali nama-nama gerak tari yang akan diberikan. Namun secara tidak tertulis guru mengungkapkan bahwa ada perencanaan pengajaran yang meliputi a) Tujuan yaitu memberikan ketrampilan pada siswa dan memberikan pengetahuan tentang tari. b) materi yang diberikan berasal dari pengalaman guru sendiri dan dari pelatihan-pelatihan yang diikuti serta kreasi dari guru. c) metode yang digunakan adalah metode demonstrasi dan metode ceramah metode dikte serta metode bermain. d) media yang digunakan adalah tape recorder TV VCD ruang tari dan kaset. e) penilaian dirancang untuk menilai siswa secara individu meskipun para siswa praktek secara berkelompok. Skor nilai menggunakan skala huruf yaitu A B dan C. (2) Penyampaian Pengajaran Ekstrakurikuler Tari di TK Laboratorium UM dapat dilihat dari beberapa komponen yaitu a) penggunaan media meliputi tape recorder kaset dan sampur. b) proses belajar mengajar meliputi membuka pelajaran inti pelajaran dan menutup pelajaran. c) bentuk belajar mengajar tediri dari kelompok sedang atau kecil.(3) Pengelolaan Kelas Ekstrakurikuler Tari di TK Laboratorium UM meliputi a) kondisi kelas untuk kegiatan ekstrakurikuler tari ruang yang digunakan dengan luas 3x4 sehingga kurang luas untuk gerak tari. b) menangani siswa yang bermasalah guru menggunakan pendekatan individual dan pendekatan kelompok. Sesuai dengan hasil penelitian hendaknya guru membuat perencanaan pengajaran sehingga kegiatan pembelajaran dapat berjalan sesaui dengan tujuan yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Feb 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/139187

Actions (login required)

View Item View Item