Relevansi latar belakang pendidikan dengan kinerja guru bahasa dan sastra Indonesia di SMP negeri kelas VIII se-kota Blitar / Rida Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Relevansi latar belakang pendidikan dengan kinerja guru bahasa dan sastra Indonesia di SMP negeri kelas VIII se-kota Blitar / Rida Kurniawati

Kurniawati, Rida (2010) Relevansi latar belakang pendidikan dengan kinerja guru bahasa dan sastra Indonesia di SMP negeri kelas VIII se-kota Blitar / Rida Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Latar belakang pendidikan guru memberikan kontribusi terhadap kualitas dan kemampuan dalam mendidik peserta didik. Keberhasilan pendidikan yang ditempuh seorang guru berpengaruh terhadap kompetensi diri dan kinerja. Kinerja guru merupakan prestasi kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai seorang guru dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang telah diembannya. Kinerja guru meliputi kemampuan seorang guru dalam kegiatan pembelajaran mulai dari persiapan pelaksanaan dan evaluasi. Latar belakang pendidikan yang tinggi mampu menciptakan suatu kinerja yang matang. Kedua hal tersebut berhubungan erat dan memiliki relevansi atau kesesuaian yang mampu meningkatkan kualitas kinerja yang baik dengan latar belakang yang sesuai. Ada tiga permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu (1) latar belakang pendidikan guru Bahasa dan Sastra Indonesia di SMP Negeri kelas VIII se-Kota Blitar (2) kinerja guru Bahasa dan Sastra Indonesia di SMP Negeri kelas VIII se-Kota Blitar dan (3) hubungan latar belakang pendidikan dengan kinerja guru Bahasa dan Sastra Indonesia di SMP Negeri kelas VIII se-Kota Blitar. Oleh karena itu penelitian ini berjudul Relevansi Latar Belakang Pendidikan dengan Kinerja Guru Bahasa dan Sastra Indonesia di SMP Negeri Kelas VIII se-Kota Blitar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan latar belakang pendidikan guru Bahasa dan Sastra Indonesia di SMP Negeri kelas VIII se-Kota Blitar (2) mendeskripsikan kinerja guru Bahasa dan Sastra Indonesia di SMP Negeri kelas VIII se-Kota Blitar dan (3) mendeskripsikan hubungan latar belakang pendidikan dengan kinerja guru Bahasa dan Sastra Indonesia di SMP Negeri kelas VIII se-Kota Blitar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu latar belakang pendidikan guru sebagai variabel bebas (Vx) dan kinerja guru Bahasa dan Sastra Indonesia sebagai variabel terikat (Vy). Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru Bahasa dan Sastra Indonesia di SMP Negeri se-Kota Blitar yang berjumlah 56 guru sedangkan sampelnya adalah guru Bahasa dan Sastra Indonesia kelas VIII di SMP Negeri se-Kota Blitar yang berjumlah 23 guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket tertutup. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif yaitu berupa persentase dan analisis korelasi Spearman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar latar belakang pendidikan yang dimiliki oleh guru Bahasa dan Sastra Indonesia di SMP Negeri kelas VIII se-Kota Blitar adalah sarjana (S1) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan hanya seorang guru yang berlatar belakang magister (S2) Bahasa dan Sastra Indonesia. Selain itu terdapat pula seorang guru yang berlatar belakang sarjana dari Pendidikan Olahraga. Jenjang pendidikan yang ditempuh setiap guru berbeda-beda ada yang ditempuh secara bertahap yaitu melalui jenjang diploma terlebih dahulu selanjutnya jenjang sarjana dan ada pula yang secara langsung menempuh jenjang sarjana tidak secara bertahap. Sementara itu kinerja guru Bahasa dan Sastra Indonesia di SMP Negeri kelas VIII se-Kota Blitar tergolong baik. Penilaian kinerja tersebut berdasarkan tiga tahapan kegiatan pembelajaran yaitu tahap perencanaan pembelajaran tahap pelaksanaan pembelajaran dan tahap evaluasi pembelajaran. Adapun hubungan antarkedua variabel tersebut menunjukkan adanya kesesuaian hubungan yang signifikan. Berdasarkan data yang telah dianalisis dapat diketahui bahwa ada hubungan yang signifikan yang diperoleh melalui perhitungan analisis korelasi dengan nilai probabilitas rtabel (0 415). Berdasarkan hasil yang diperoleh pada penelitian ini ada beberapa saran yang dapat diberikan kepada pihak-pihak berikut. Pertama guru Bahasa dan Sastra Indonesia hendaknya terus meningkatkan kemampuan diri secara profesional salah satunya dengan mengikuti berbagai pelatihan atau dengan melanjutkan tingkat pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Selain itu guru hendaknya menyiapkan diri semaksimal mungkin dalam perencanaan pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Kedua kepala sekolah hendaknya senantiasa melibatkan guru untuk aktif dalam berbagai kegiatan baik di dalam maupun di luar sekolah yang berhubungan dengan peningkatan kinerja guru. Ketiga peneliti lain yang melakukan penelitian sejenis diharapkan mampu menemukan subvariabel lain yang lebih luas dan variatif sehingga mampu menyempurnakan hasil penelitian sehubungan dengan keterbatasan hasil penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/139181

Actions (login required)

View Item View Item