Pengembangan inventori konsep diri siswa Sekolah Menengah Atas / Ika Anggi Ratnawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan inventori konsep diri siswa Sekolah Menengah Atas / Ika Anggi Ratnawati

Ratnawati, Ika Anggi (2009) Pengembangan inventori konsep diri siswa Sekolah Menengah Atas / Ika Anggi Ratnawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ratnawati Ika Anggi. 2009. Pengembangan Inventori Konsep Diri Siswa Sekolah Menengah Atas. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. M. Ramli M. A (II) Dra. Ella Faridati Zen M. Pd. Kata kunci Inventori Konsep Diri Siswa SMA Inventori konsep diri merupakan salah satu instrumen yang sangat penting dalam layanan bimbingan dan konseling khususnya layanan pribadi-sosial. Selama ini program bimbingan konseling di Sekolah Menengah lebih terfokus pada layanan di bidang karir dan belajar. Layanan pribadi-sosial dalam frekuensi yang jauh lebih kecil. Hal ini akan mempengaruhi kualitas kehidupan individu di kemudian hari yang pada akhirnya juga mempengaruhi terpenuhinya tugas-tugas perkembangan siswa secara optimal khususnya dalam membentuk konsep diri. Oleh karena itu diperlukan alat atau instrumen yaitu inventori konsep diri siswa untuk mengetahui atau mengidentifikasi konsep diri siswa yang dapat membantu konselor dalam membimbing siswa untuk memahami diri siswa dengan tepat. Tujuan dikembangkannya Inventori konsep diri adalah menghasilkan inventori konsep diri yang memenuhi standar alat ukur inventori meliputi tingkat validitas reliabilitas dan penormaan inventori konsep diri siswa SMA yang dikembangkan. Inventori konsep diri yang dikembangkan menggunakan rancangan penelitian pengembangan (Research and Development). Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah area random sampling. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri se-Kota Malang dengan sampel yang diambil adalah perwakilan populasi di kelas XI. Teknik pengujian keberterimaan inventori dilakukan dengan menggunakan uji ahli uji perseorangan uji coba terbatas dan uji lapangan. Analisis hasil penelitian yang digunakan untuk mengetahui validitas dengan korelasi Product Moment Pearson mengetahui reliabilitas dengan Cronbarch Alpha dan analisis persentasi Berdasarkan uji ahli diperoleh masukan berupa kesesuaian antara indikator dengan deskriptor pernyataan dengan deskriptor dan beberapa indikator yang perlu direvisi secara redaksional sehingga Inventori konsep diri lebih jelas dan komprehensif. Hasil uji perseorangan menunjukkan pemahaman dan keterbacaan siswa terhadap Inventori konsep diri. Hasil uji coba terbatas menunjukkan bahwa dari 80 butir pernyataan Inventori konsep diri 68 butir pernyataan Inventori konsep diri dinyatakan valid pada p 0 05 dan 12 butir pernyataan dinyatakan tidak valid pada p 0 05. Hasil perhitungan reliabilitas menunjukkan bahwa dari 68 butir pernyataan diperoleh koefisien Alpha 0 945. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut dapat dinyatakan Inventori konsep diri yang dikembangkan memiliki reliabilitas yang tinggi. Hasil uji lapangan menunjukkan bahwa dari 68 butir pernyataan Inventori konsep diri 65 butir pernyataan dinyatakan valid pada p 0 05 dan 3 butir pernyataan dinyatakan tidak valid pada p 0 05. Hasil perhitungan reliabilitas menunjukkan bahwa dari 65 butir pernyataan diperoleh koefisien Alpha 0 918. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut dapat dinyatakan Inventori konsep diri yang dikembangkan memiliki reliabilitas yang tinggi. Untuk butir pernyataan yang tidak valid tersebut baik dalam uji coba terbatas dan uji lapangan tidak dipakai dalam pernyataan Inventori konsep diri. Hasil pengembangan diperoleh penormaan Inventori konsep diri siswa SMA Negeri se-Kota Malang dengan kategori konsep diri yang tergolong rendah konsep diri sedang dan konsep diri tinggi. Saran bagi penelitian selanjutnya khususnya mengenai Inventori konsep diri hendaknya terus ditindaklanjuti dengan diadakannya pengembangan baik dalam konstruk teori jenjang subjek yang dipergunakan memperluas populasi dan wilayah yang digunakan sehingga dapat menggambarkan suatu alat psikologis yang dapat diandalkan khususnya untuk mengetahui atau mengidentifikasi konsep diri siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/139175

Actions (login required)

View Item View Item