Pemahaman mahasiswa terhadap dongeng jerman dalam mata kuliah Einfuhrung in Die Literaturwertschatzung melalui flussdiagramm / Andri Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemahaman mahasiswa terhadap dongeng jerman dalam mata kuliah Einfuhrung in Die Literaturwertschatzung melalui flussdiagramm / Andri Kurniawan

Kurniawan, Andri (2010) Pemahaman mahasiswa terhadap dongeng jerman dalam mata kuliah Einfuhrung in Die Literaturwertschatzung melalui flussdiagramm / Andri Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemahaman merupakan hal yang penting dalam kegiatan membaca. Untuk memahami dan menguasai maksud dalam sebuah bacaan dengan baik dan benar hal pertama yang harus dilakukan ialah dengan membaca dongeng tersebut. Melalui membaca manusia dapat menyerap berbagai macam bentuk informasi yang diperlukan untuk kehidupan sehari-hari. Dongeng adalah cerita yang tidak benar-benar terjadi. Dongeng juga memiliki banyak manfaat diantaranya memberikan tambahan informasi dan pengetahuan mengajarkan norma-norma. Keistimewaan lain dari dongeng adalah bersifat universal. Disebut Universal karena dongeng tersebar di seluruh dunia contohnya Cinderella. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi belajar model Flussdiagramm untuk membantu mahasiswa dalam memahami dongeng Jerman mengetahui tingkat pemahaman mahasiswa terhadap dongeng Jerman dengan menggunakan Flussdiagramm. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kumpulan dongeng Jerman karya Grimm bersaudara yang berjudul Kinder und Hausm rchen dan data dalam penelitian ini adalah salah satu dongeng dari kumpulan dongeng karya Grimm bersaudara yang berjudul Rumpelstilzchen. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi angket atau kuesioner dan tes. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi angket atau kuesioner dan tes. Kemampuan mahasiswa memahami unsur-unsur dalam dongeng antara lain tokoh latar dongeng dalam rata-rata berada pada kategori pemahaman cukup sedangkan untuk watak tokoh tema dongeng rata-rata pada kategori pemahaman kurang. Hal ini mempengaruhi pemahaman mahasiswa terhadap pemahaman hasil dongeng keseluruhan sehingga kemampuan mahasiswa dalam memahami hasil dongeng keseluruhan rata-rata berada pada kategori kurang. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan Flussdiagramm untuk membantu pemahaman mahasiswa dalam memahami M rchen pada mata kuliah Einf hrung in die Literaturwertsch tzung berjalan dengan cukup baik mahasiswa juga bisa lebih mudah memahami M rchen dari pada sebelum penerapan strategi Flussdiagramm.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/139168

Actions (login required)

View Item View Item