Studi tentang kecerdasan emosional siswa kelas akselerasi tingkat SMA di Kota Malang / Rika Kusumawati Nikmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang kecerdasan emosional siswa kelas akselerasi tingkat SMA di Kota Malang / Rika Kusumawati Nikmah

Nikmah, Rika Kusumawati (2009) Studi tentang kecerdasan emosional siswa kelas akselerasi tingkat SMA di Kota Malang / Rika Kusumawati Nikmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nikmah Rika Kusumawati. 2008. Studi Tentang Kecerdasan Emosional Siswa Kelas Akselerasi Tingkat SMA di Kota Malang. Skripsi Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dany M. Handarini M.A (II) Drs. Moh. Bisri M.Si. Kata kunci kecerdasan emosional akselerasi SMA Siswa yang memiliki kecerdasan intelektual yang tinggi tidak menjamin kesuksesannya seseorang di masa depan. Mc Clelland ( dalam Goleman 2003b 25) berpendapat bahwa kemampuan akademik bawaan nilai rapor dan predikat kelulusan tinggi tidak memprediksi seberapa baik kinerja seseorang sesudah bekerja atau seberapa tinggi sukses yang dicapainya dalam hidup. Seperangkat kecakapan khusus seperti empati disiplin diri dan inisiatif mampu membedakan orang sukses dari yang tak sukses. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui gambaran keterampilan siswa kelas akselerasi dalam mengenali emosi diri 2) mengetahui gambaran keterampilan siswa kelas akselerasi dalam mengelola emosi diri 3) mengetahui gambaran keterampilan siswa kelas akselerasi dalam memotivasi diri 4) mengetahui gambaran keterampilan siswa kelas akselerasi dalam berempati (mengenali emosi orang lain) 5) mengetahui gambaran keterampilan siswa kelas akselerasi dalam membina hubungan dengan orang lain. Pentingnya konselor mengetahui kecerdasan emosional sebagai bahan pertimbangan dalam membantu menangani masalah dan memahami karakteristik siswanya. Rancangan penelitian ini adalah deskriptif yakni penelitian untuk mengumpulkan informasi mengenai gejala yang ada pada saat penelitian. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas akselerasi tingkat SMA di kota Malang yakni SMA Negeri 1 Malang SMA Negeri 3 Malang MAN 1 Malang dan MAN 3 Malang dengan jumlah seluruh responden 119 siswa. Pengumpulan data menggunakan inventori kecerdasan emosional dan penelitian dilaksanakan pada bulan September-Oktober 2008. Analisis deskriptif dengan persentase. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu 1) sebagian besar (67 2%) siswa kelas akselerasi tingkat SMA di kota Malang mempunyai keterampilan mengenali emosi diri yang relatif baik dan stabil dan perlu dikembangkan 2) cukup banyak (47 9%) siswa kelas akselerasi tingkat SMA di kota Malang mempunyai keterampilan mengelola emosi diri yang relatif baik dan stabil dan perlu dikembangkan 3) cukup banyak (53 8%) siswa kelas akselerasi tingkat SMA di kota Malang mempunyai keterampilan memotivasi diri yang relatif baik dan stabil dan perlu dikembangkan 4) cukup banyak (52 1%) siswa kelas akselerasi tingkat SMA di kota Malang mempunyai keterampilan mengenali emosi orang lain yang relatif baik dan stabil dan perlu dikembangkan 5) cukup banyak (58 8%) siswa kelas akselerasi tingkat SMA di kota Malang mempunyai keterampilan mengenali emosi orang lain rata-rata atau cukup dan perlu dilatih serta dikembangkan. Sehubungan dengan hasil penelitian yang telah dipaparkan peneliti memberikan beberapa saran 1) Kepada konselor konselor hendaknya meningkatkan mutu dalam pemberian layanan bimbingan dan konseling yakni dengan pemberian layanan bimbingan pribadi dan bimbingan sosial. Pemberian layanan bimbingan pribadi dengan cara mengenalkan tugas-tugas perkembangan khususnya perkembangan emosi yang akan dialami siswa terutama siswa akselerasi. Pemberian layanan bimbingan sosial dengan pemberian materi mengenai mengembangkan keterampilan mengenali emosi diri keterampilan mengelola emosi diri keterampilan memotivasi diri keterampilan mengenali emosi orang lain dan keterampilan membina hubungan dengan orang lain 2) Peneliti selanjutnya (a) untuk lebih memperkuat skripsi ini maka untuk peneliti selanjutnya mengadakan pengembangan lebih lanjut inventori kecerdasan emosional (b) peneliti selanjutnya peneliti menyarankan untuk mengadakan penelitian mengenai bagaimana peran BK terhadap siswa berbakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Feb 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/139166

Actions (login required)

View Item View Item