Perancangan media promosi SOB (School of Business) Malang / Oky Riyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan media promosi SOB (School of Business) Malang / Oky Riyanto

Riyanto, Oky (2009) Perancangan media promosi SOB (School of Business) Malang / Oky Riyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Riyanto Oky. 2008. Perancangan Media Promosi SOB ( School Of Business ) Malang. Skripsi Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sugiyono Ardjaka M.Sc (2) Sarjono M.Sn. Kata Kunci perancangan media promosi SOB ( School Of Business ) SOB ( School Of Business ) adalah lembaga pendidikan non formal yang diberi ijin oleh Departemen Pendidikan Nasional dan memiliki otonomi tinggi dalam merancang dan mengoperasikan program pendidikannya sesuai dengan kebutuhan dunia usaha. SOB merupakan lembaga yang menyelenggarakan pendidikan non formal selama 1 tahun. Menghasilkan sumber daya manusia yang handal profesional dan berkemampuan tinggi merupakan harapan dari SOB. Penurunan jumlah calon mahasiswa kurangnya aktifitas promosi dan penyebaran informasi merupakan hambatan bagi SOB untuk mewujudkan harapannya. Beberapa hal seperti melakukan promosi di media cetak mengikuti pameran pendidikan sosialisasi program yang ditawarkan ke beberapa SMU dan SMK pernah dilakukan oleh SOB namun masih jauh dari harapan. Perancangan ini dilakukan untuk membangun image atau citra SOB ( School Of Business ) melalui media promosi sehingga mampu untuk menarik minat calon konsumen dan merancang bentuk strategi pemasaran yang relevan dan bermanfaat untuk diterapkan di SOB ( School Of Business ). Perancangan media promosi SOB menggunakan model prosedural. Model prosedural yaitu model yang bersifat deskriptif. Subyek yang digunakan adalah mahasiswa dari SOB dengan jumlah 100 orang yang diperoleh dengan metode random sampling. Instrument survey yang digunakan adalah kuisioner. Hasil dari kuesioner yang diperoleh dianalisa dengan memprosentasekan jumlah jawaban yang masuk diasumsikan berdasarkan perolehan data dengan jumlah prosentase terbesar dan diambil kesimpulannya. Jumlah prosentase yang telah dihitung dijelaskan dalam bentuk diagram pie untuk mempermudah penjelasan. Dari hasil survey dapat disimpulkan bahwa sebagian besar responden mengetahui SOB dari brosur dan website serta menganggap penyampaian informasinya masih kurang jelas. Selain itu responden merasa kecewa setelah kuliah di SOB karena beberapa fasilitasnya masih kurang modern dan memadai meskipun sudah memadai sebagai lembaga pendidikan berbasis komputer dan bisnis. Responden juga menginginkan perbaikan sarana dan prasarana demi menunjang suasana belajar mengajar yang lebih nyaman serta memperbanyak kuliah praktek / magang di perusahaan terkenal. Dari hasil perancangan ini ada beberapa saran yaitu (1) Untuk SOB diharapkan lebih memperbanyak kegiatan promosi dan memperbaiki strategi pemasaran demi tercapainya harapan di masa depan. (2) Untuk mahasiswa SOB diharapkan selalu menjaga almamater kampusnya dimanapun berada. (3) Untuk peneliti selanjutnya lebih dapat menyempurnakan penelitian ini agar lebih memperdalam hasil kajian analisis yang dilakukan. i

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13916

Actions (login required)

View Item View Item