Perancangan media komunikasi visual ekowisata cagar alam pulau Sempu Malang / M. Aan Nailufar - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan media komunikasi visual ekowisata cagar alam pulau Sempu Malang / M. Aan Nailufar

Nailufar, M. Aan (2010) Perancangan media komunikasi visual ekowisata cagar alam pulau Sempu Malang / M. Aan Nailufar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nailufar M. Aan. 2008. Perancangan Media Komunikasi Visual Ekowisata Cagar Alam Pulau Sempu Malang. Skripsi Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Ida Siti Herawati M.Pd (II) Rudi Irawanto S.Pd M.Sn. Kata Kunci Perancangan media komunikasi visual Ekowisata Cagar Alam Pulau Sempu Malang Ekowisata jarang sekali diterapkan di Indonesia sebagai sarana untuk pelestarian alam. Walaupun Ekowisata merupakan salah satu produk pariwisata alternatif yang mempunyai tujuan seiring dengan pembangunan pariwisata berkelanjutan yaitu pembangunan pariwisata yang secara ekologis memberikan manfaat yang layak secara ekonomi dan adil secara etika memberikan manfaat sosial terhadap masyarakat guna memenuhi kebutuhan wisatawan tetapi dengan memperhatikan kelestarian kehidupan sosial-budaya dan memberi peluang bagi generasi muda sekarang dan yang akan datang untuk memanfaatkan dan mengembangkannya. Tujuan dari perancangan ini adalah membuat media komunikasi visual Cagar Alam Pulau Sempu sehingga mampu mengkomunikasikan tentang keberadaan Ekowisata Cagar Alam Pulau Sempu sehingga Pulau sempu bisa lebih dikenal sebagai wahana pelestarian alam. Metode perancangan yang digunakan adalah deskriptif dengan menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk berupa rancangan media komunikasi visual. Proses perancangan media dengan observasi langsung untuk melihat keadaan alam Pulau Sempu. Setelah diketahui tentang potensi-potensi alam Pulau Sempu di buatlah konsep desain dan berlanjut sampai desain terpilih yang sudah di lakukan pengujian melalui FGD kepada klien (BKSDA) dan masyarakat (komunitas yang peduli dengan alam peneliti orang yang melakukan studi tentang alam dan wisatan yang datang ke Pulau Sempu) mengenai keefektifan media komunikasi visual Ekowisata Cagar Alam Pulau Sempu. Konsep desain dari perancangan media komunikasi visual Ekowisata Cagar Alam Pulau Sempu menggunakan teknik fotografi dengan menampilkan keindahan alam dan satwa-satwa langka yang merupakan daya tarik untuk mengkomuniksikan Pulau Sempu sebagai wilayah Ekowisata. Paket-paket wisata juga diciptakan guna terciptanya wahana pelestarian alam karena dengan adanya peket-paket tersebut wisatawan dibatasi dengan peraturan yang berlaku. Perancangan tersebut menghasilkan media Billboard Iklan Majalah Poster Penunjuk Arah Website X-Banner Brosur dan Postcard. Beberapa media tersebut bisa langsung di aplikasikan oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) sebagai klien yang kemudian menjadi finish advertising Ekowisata Cagar Alam Pulau Sempu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13915

Actions (login required)

View Item View Item