Peningkatan kemampuan menulis cerpen siswa kelas VII MTsN Terate Pandian Sumenep melalui penggunaan media gambar seri / Hindana Sofiah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis cerpen siswa kelas VII MTsN Terate Pandian Sumenep melalui penggunaan media gambar seri / Hindana Sofiah

Sofiah, Hindana (2009) Peningkatan kemampuan menulis cerpen siswa kelas VII MTsN Terate Pandian Sumenep melalui penggunaan media gambar seri / Hindana Sofiah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hindana Sofiah. Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas VII MTsN Terate Pandian Sumenep Melalui Penggunaan Media Gambar Seri. Jurusan Sastra Indonesia Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia daerah Universitas Negeri Malang. Kata Kunci peningkatan kemampuan menulis cerpen penggunaan media gambar seri. Pemilihan pembelajaran menulis cerpen melalui penggunaan media gambar seri sebagai pokok penelitian bertolak dari masalah bahwa siswa kelas VII MTsN Terate belum lancar mencurahkan gagasan dalam bentuk menulis. Hal tersebut disebabkan belum dilaksanakan pembelajaran menulis cerpen dengan media yang tepat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Dengan berupaya dalam pelaksanaan pembelajarannya dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa kelas VII MTsN Terate Pandian Kabupaten Sumenep. Upaya-upaya yang ditempuh dalam penelitian ini dari perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan tindakan observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan tindakan sangat membantu guru dalam (1) pelaksanaan pembelajaran dan (2) untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Untuk mencapai tujuan pembelajaran menulis cerpen melalui penggunaan media gambar dilakukan dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tiga tahap pembelajaran. Tiga tahap pembelajaran ini adalah tahap pramenulis tahap menulis dan tahap pascamenulis. Berdasarkan analisis data diketahui adanya peningkatan kemampuan menulis cerpen melalui penggunaan media gambar seri pada tahap pramenulis tahap menulis dan tahap pascamenulis. Pada tindakan siklus I dan II terjadi perubahan yang cukup signifikan pada proses dan hasil pembelajaran. Pada tahap pramenulis tindakan siklus I dari segi proses siswa belum menampakkan keseriusan da antusiasme dalam mengembangkan unsur cerpen berdasarkan gambar dan membuat kerangka cerpen. Pada segi hasil sebanyak sebanyak 24 siswa atau 58 5% sudah bisa mengembangkan unsur cerpen berdasarkan gambar seri dan membuat kerangka cerpen dengan baik. Sedangkan sisanya sebanyak 17 siswa atau 41 5% belum bisa mengembangkan unsur cerpen berdasarkan gambar seri dan membuat kerangka cerpen dengan baik. Pada tahap pramenulis siklus II dari segi proses antusias siswa dalam membuat kerangka sangat baik hal ini terlihat keaktifan dan ketekunan siswa pada kegiatan ini. Dari segi hasil ini didapat sebanyak 41 siswa atau 100% siswa sudah bisa mengembangkan unsur cerpen berdasarkan media gambar seri dan membuat kerangka cerpen dengan baik. Pada tahap menulis siklus II dari segi proses siswa masih butuh perhatian dan arahan dalam mengembangkan kerangka cerpen menjadi cerpen utuh. Dari hasil pengembangkan kerangka cerpen menjadi sebuah cerpen dapat dinilai bahwa sebanyak 3 siswa atau 7 3% sudah bisa mengembangkan kerangka cerpen menjadi sebuah cerpen sedangkan sebanyak 38 siswa atau 92 7% masih belum bias mengembangkan kerangka cerpen menjadi sebuah cerpen. Pada tahap menulis siklus II dari segi proses sebagian siswa sudah tidak mengalami kesulitan dalam mengembangkan kerangka cerpen. Hasil pada tahap ini adalah 34 siswa atau 82 9% siswa sudah bisa mengambangkan kerangka cerpen menjadi sebuah cerpen dengan baik sedangkan sebanyak 7 siswa atau 17 1% masih belum bias mengembangkan kerangka cerpen yang dibuatnya menjadi sebuah cerpen. Pada tahap pascamenulis siklus I dari segi proses hanya sebagian siswa yang melakukan perevisian dan pemajangan. Dari segi hasil sebanyak 15 siswa atau 36 6% sudah bisa merevisi hasil cerpennya dan memajang hasil akhir cerpennya. Sedangkan sebanyak 26 siswa atau 63 4% siswa masih belum bias merevisi dan terkesan masih malu-malu dalam memajang hasil akhir cerpennya. Pada tahap pascamenulis siklus II dari segi proses semua siswa sudah dapat bekerja sama. Masukan-masukan pendapat dan ide yang diberikan setiap siswa sangat membantu dalam penyelesaian perevisian yang dibuat. Adapun hasil pada tahap ini adalah sebanyak 32 siswa atau 78% siswa sudah berhasil merevisi dan mememajang hasil akhir cerpen di mading sedangkan 9 siswa atau 22% siswa masih belum berani memajang hasil akhirnya di mading meskipun mereka sudah bisa merevisi dengan baik. Berdasarkan hasil pembahasan disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil pembelajaran menulis cerpen siswa kelas VII MTsN Terate Pandian Sumenep baik berupa proses maupun hasil. Oleh sebab itu dapat disarankan bahwa penggunaan media gambar seri dapat dijadikan strategi alternatif dalam peningkatan kemampuan pembelajaran menulis cerpen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Feb 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/139143

Actions (login required)

View Item View Item