Strategi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran apresiasi seni rupa di SMP se-kecamatan Kepanjen / Eka Sriwahyuningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran apresiasi seni rupa di SMP se-kecamatan Kepanjen / Eka Sriwahyuningtyas

Sriwahyuningtyas, Eka (2010) Strategi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran apresiasi seni rupa di SMP se-kecamatan Kepanjen / Eka Sriwahyuningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sriwahyuningtyas Eka. 2008. Strategi Guru dalam Melaksanakan Kegiatan Pembelajaran Apresiasi Seni Rupa di SMP Negeri se-Kecamatan Kepanjen. Skripsi Jurusan Seni Dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) DR. Moeljadi Pranata M.Pd (II) Drs. Imam Muhadjir. Kata Kunci Kondisi Guru Strategi Guru Konsep Guru. Kegiatan pembelajaran seni terbagi menjadi dua yaitu kegiatan kreasi dan kegiatan apresiasi. Kreasi merupakan proses penciptaan karya sedangkan apresiasi adalah pengamatan terhadap karya. Apresiasi seni merupakan tindakan untuk memahami serta menghayati tata nilai dari suatu objek sehubungan dengan kualitas estetis yang menimbulkan dorongan untuk mengamati memahami menghayati dan menghargai. Kegiatan apresiasi di sekolah memiliki peranan penting dalam mengasah kepekaan siswa terhadap karya seni. Sehingga perlu adanya strategi khusus dalam mengajar apresiasi agar tujuan pembelajaran apresiasi seni pada diri siswa tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kondisi guru (2) strategi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran apresiasi seni rupa (3) konsep guru tentang apresiasi dan strategi di SMP Negeri se-Kecamatan Kepanjen. Rancangan penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif sedangkan untuk pengumpulan datanya dengan angket yang disajikan untuk guru seni budaya di SMP Negeri se-Kecamatan Kepanjen yang berjumlah 10 orang. Teknik analisis dengan teknik prosentase selanjutnya hasil prosentase dideskripsikan sesuai dengan klasifikasi semua banyak cukup dan kurang. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan (1) bahwa semua guru berpendidikan S1 dan cukup banyak yang berlatar belakang pendidikan seni rupa. Banyak juga guru yang pernah mengikuti kegiatan pelatihan dan seminar selain itu semua guru menjabat tugas lain selain mengajar (2) semua guru membuat perencanaan (RPP) terlebih dahulu dan cukup berimbang antara guru yang menerapkan RPP dengan guru yang tidak menerapkan perencanaan tersebut. Semua guru dalam pembelajaran apresiasi menggunakan metode ceramah diskusi dan tanya jawab. Sedangkan guru yang menggunakan metode karya wisata dan demonstrasi cukup banyak. Dalam menerapkan metode mengajar untuk kegiatan apresiasi banyak guru mengalami kesulitan. Oleh karena itu semua guru perlu menggunakan metode khusus dalam pembelajaran apresiasi seni rupa. Selain itu semua guru juga menggunakan prosedur pembelajaran (3) pemahaman guru mengenai apresiasi semuanya memaknai apresiasi seni dengan kegiatan berpameran. Dalam pembelajaran apresiasi cukup banyak guru memiliki tujuan untuk mengasah kepekaan siswa terhadap objek seni. Kemudian yang terakhir cukup banyak guru yang memahami strategi pembelajaran sebagai penerapan metode tertentu. Setelah melihat hasil penelitian ini disarankan untuk penelitian selanjutnya agar menggunakan metode kualitatif dan memperhatikan faktor yang mempengaruhi strategi guru dalam pelaksanaan pembelajaran apresiasi seni rupa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13913

Actions (login required)

View Item View Item