Pengaruh dimensi kualitas pelayanan terhadap kepuasan wisatawan pasca berkunjung di Jawa Timur Park Batu / Reisha Zuhriana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh dimensi kualitas pelayanan terhadap kepuasan wisatawan pasca berkunjung di Jawa Timur Park Batu / Reisha Zuhriana

Zuhriana, Reisha (2009) Pengaruh dimensi kualitas pelayanan terhadap kepuasan wisatawan pasca berkunjung di Jawa Timur Park Batu / Reisha Zuhriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zuhriana Reisha. 2008. Pengaruh dimensi Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Wisatawan Pasca Berkunjung di Jawa Timur Park Batu. Skripsi jurusan Manajemen FE Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Djoko Dwi K M.Si (II) Titis Shinta Dhewi S.P M.M. Kata Kunci Dimensi Kualitas Pelayanan Kepuasan Konsumen (Wisatawan) Saat ini industri pariwisata di Indonesia sendiri merupakan sektor kegiatan perekonomian sebagai penghasil devisa terbesar kedua setelah minyak gas (migas). Industri pariwisata merupakan usaha di bidang jasa yang selalu berorientasi pada konsumen (Wisatawan). Jawa Timur Park yang merupakan ikon pariwisata Jawa Timur yang terletak di Kota Batu adalah perusahaan jasa pariwisata yang selalu melakukan inovasi dalam meningkatkan kepuasan wisatawan. Peningkatan kualitas pelayanan tersebut dilakuakn dengan mengoptimalkan dimensi kualitas pelayanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dimensi kualitas pelayanan mengetahui pengaruh dimensi kualitas pelayanan secara parsial terhadap kepuasan wisatawan pasca berkunjung di Jawa Timur Park Batu mengetahui dimensi kualitas pelayanan secara parsial terhadap kepuasan wisatawan pasca berkunjung di Jawa Timur Park Batu dan mengetahui variabel dimensi kualilas pelayanan yang paling dominan dalam mempengaruhi kepuasan wisatawan pasca berkunjung di Jawa timur Park. Variabel yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari variabel bebas dan variabel terikat. Untuk variabel bebasnya yakni Kualitas Pelayanan (X) yang terdiri dari variabel Bukti Fisik (X1) Keandalan (X2) Daya Tanggap (X3) Jaminan (X4) dan Empati (X5). Sedangkan variabel terikatnya adalah variabel Kepuasan Wisatawan (Y). Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan model penelitian survey sedangkan populasi yang digunakan adalah pengunjung Jawa Timur Park Batu. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 80 responden dengan menggunakan teeknik Purposive Sampling. Dengan instrumen yang digunakan adalah angket atau kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel kualitas pelayanan yang terdiri dari Bukti Fisik (X1) sebesar 3 663 Keandalan (X2) sebesar 4 743 Jaminan (X4) sebesar 4 310 dan Empati (X5) sebesar 3 731 secara parsial terhadap kepuasan wisatawan pasca berkunjung di Jawa Timur Park Batu sedangkan variabel Daya Tanggap (X3) sebesar 1 665 tidak mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap kepuasan wisatawan pasca berkunjung di Jawa Timur Park Batu. Terdapat pengaruh antara variabel kualitas pelayanan yang terdiri dari Bukti Fisik (X1) Keandalan (X2) Daya Tanggap (X3) Jaminan (X4) dan Empati (X5) sebesar 19 857 secara simultan terhadap kepuasan wisatawan pasca berkunjung di Jawa Timur Park Batu dan variabel Keandalan (X2) merupakan variabel yang dominan mempengaruhi kepuasan wisatawan pasca berkunjung di Jawa Timur Park Batu. Nilai Adjusted R Square dalam penelitian ini sebesar 0 544 yang berarti bahwa 54% kepuasan wisatawan pasca berkunjung di Jawa Timur Park Batu dipengaruhi oleh dimensi kualitas pelayanan. Dari hasil penelitian tersebut dapat dikatakan bahwa dimensi kualitas pelayanan masih efektif digunakan sebagai sumber keberhasilan perusahaan yang dapat mempengaruhi kepuasan wisatawan pasca berkunjung di Jawa Timur Park Batu. Oleh karena itu perlu disarankan adanya peningkatan dan perhatian terhadap faktor-faktor dari Kualitas Pelayanan tersebut misalnya dengan selalu mengevaluasi kualitas pelayanan yang diberikan disamping fakto tersebut pihak jawa timur park juga harus memenuhi komitmennya untuk menyuguhkan 3 wahana baru tiap tahun serta lebih bijak dalam penetapan harga tiket masuk. Dan untuk faktor keandalan harus menjadi perhatian khusus karena keandalan merupakan faktor yang paling dominan mempengaruhi kepuasan wisatawan yakni dengan tetap menjaga pelayanan yang baik pada setiap wisatawan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/139122

Actions (login required)

View Item View Item