Persepsi siswa SMA Negeri 3 Malang terhadap profil guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan tahun ajaran 2008/2009 / Sutiono - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi siswa SMA Negeri 3 Malang terhadap profil guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan tahun ajaran 2008/2009 / Sutiono

Sutiono (2009) Persepsi siswa SMA Negeri 3 Malang terhadap profil guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan tahun ajaran 2008/2009 / Sutiono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam pembelajaran di sekolah terdapat tiga subkomponen pendidikan yang memiliki peranan besar yaitu guru siswa dan kurikulum. Guru merupakan subkomponen penting dalam pembelajaran karena perannya sebagai mediator dalam pembelajaran. Guru sebagai mediator memiliki pengaruh besar terhadap keberhasilan siswa dalam pembelajaran. Sehingga semua guru tanpa terkecuali guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dituntut agar bisa mengerti dan memahami harapan siswa terhadap dirinya dan pembelajaran. Dalam pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan seorang guru di tuntut untuk lebih dekat dengan siswa dan memahami apa yang menjadi harapan siswa terhadap dirinya dan pelajaran yang dibimbingnya. Seorang guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan harus senantiasa berusaha mengumpulkan persepsi siswanya mengenai profil guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan agar mengetahui bagaimana seharusnya guru tersebut. Dengan demikian sangat menarik untuk dikaji dan perlu diadakan suatu penelitian mengenai persepsi siswa terhadap profil guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengkaji persepsi siswa terhadap profil guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan berkenaan dengan aspek fisik moral hubungan sosial kemampuan olahraga dan pengetahuan kesehatan. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan instrumen angket semi terbuka yang telah dijustifikasi oleh 4 orang ahli dan memenuhi syarat validita dan reliabilita instrumen penelitian yang baik dalam pengumpulan data. Sedangkan subyek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMA Negeri 3 Malang berjumlah 216 orang siswa terdiri dari 71 orang siswa kelas X 69 orang siswa kelas XI dan 76 orang siswa kelas XII yang diambil sebesar 25% dari jumlah keseluruhan siswa yang ada dengan menggunakan teknik stratified purposive propotional systematic random sampling. Setelah dilakukan pengambilan data dan menganalisis data yang terkumpul diperoleh suatu kesimpulan tentang persepsi siswa terhadap profil guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan sebagai berikut 1) persepsi siswa terhadap profil guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan berkenaan dengan aspek fisik adalah berbadan ideal aktif bergerak waktu pembelajaran berpenampilan rapi serta mampu menyesuaikan suaranya 2) persepsi siswa terhadap profil guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan berkenaan dengan aspek moral adalah tepat waktu memberikan penilaian dan hukuman secara adil (obyektif) menyusun rencana pembelajaran sesuai dengan kurikulum dan mengawasi semua siswanya selama pembelajaran berlangsung 3) persepsi siswa terhadap profil guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan berkenaan dengan aspek hubungan sosial adalah dekat dengan semua siswa dan berusaha memahami masalah yang dihadapi siswa 4) persepsi siswa terhadap profil guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan berkenaan dengan aspek kemampuan olahraga adalah mengerti memahami dan menguasai semua teknik permainan dalam olahraga senantiasa mampu menjelaskan dan memberikan contoh berbagai keterampilan atletik kepada siswa senantiasa mampu menjelaskan dan memberikan contoh berbagai keterampilan yang ada pada olahraga beregu kepada siswa dan mampu menjelaskan dan memberikan contoh berbagai keterampilan yang ada pada olahraga perorangan kepada siswa dan 5) persepsi siswa terhadap profil guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan berkenaan dengan aspek pengetahuan kesehatan adalah mengetahui dan mampu memberikan pertolongan pertama pada siswa yang mengalami kecelakaan pada waktu pembelajaran dengan cepat dan tepat senantiasa menganjurkan dan menjalani pola hidup sehat dan senantiasa mengajarkan dan mengajak siswa untuk menjaga lingkungan dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/139120

Actions (login required)

View Item View Item