Penerapan metode pembelajaran berbasis portofolio dan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Malang tahun ajaran 2008/2009 / Maulidia Fatmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran berbasis portofolio dan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Malang tahun ajaran 2008/2009 / Maulidia Fatmawati

Fatmawati, Maulidia (2009) Penerapan metode pembelajaran berbasis portofolio dan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Malang tahun ajaran 2008/2009 / Maulidia Fatmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fatmawati Mauludia. 2008. Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Portofolio Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Malang Tahun Ajaran 2008/2009 . Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Moch. Ichsan S.E M.Pd M.Si (2) Dwi Wulandari S.E M.M. Kata kunci pembelajaran berbasis portofolio motivasi belajar hasil belajar Seiring dengan bertambahnya waktu pendidikan selalu mengalami pembaharuan dalam rangka mencari struktur kurikulum sistem pendidikan dan metode pengajaran yang efektif dan efisien. Berbagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan telah dilakukan oleh pemerintah antara lain dengan jalan melengkapi sarana dan prasarana meningkatkan kualitas tenaga pengajar serta penyempurnaan kurikulum yang menekankan pada pengembangan aspek-aspek yang bermuara pada peningkatan dan pengembangan kecakapan hidup (Life Skill) yang diwujudkan melalui pencapaian kompetensi siswa untuk bertahan menyesuaikan diri dan berhasil dimasa yang akan datang. Dalam upaya untuk mencapai kompetensi siswa maka dalam kegiatan pembelajaran dikelas guru harus dapat mengembangkan daya pikir siswa dalam proses pembelajaran secara terkonstruksi dan membimbing siswa dalam proses pemecahan masalah. Salah satu metode yang bisa digunakan untuk upaya tersebut adalah Metode Pembelajaran Berbasis Portofolio (Portofolio Based Learning) dimana metode ini bisa menuntut siswa untuk menyerap pembelajaran secara mandiri. Metode pemmbelajaran portofolio dalam skripsi ini digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan (1) bagaimana proses penerapan metode pembelajaran portofolio (2) apakah penerapan metode pembelajaran berbasis portofolio dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Malang (3) apakah penerapan metode pembelajaran portofolio dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B SMP Negeri 20 Malang. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan memakai penelitian dua siklus. Teknik analisis data utnuk melihat peningkatan motivasi belajar siswa adalah dengan pengamatan dari para observer dan juga pengamatan peneliti secara langsung sedangkan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa di hitung dari rata-rata nilai tugas serta nilai ulangan harian siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran berbasis portofolio dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang ditunjukkan oleh peningkatan persentase seluruh aspek motivasi belajar siswa yang diamati yaitu 60 57% dengan kategori cukup pada siklus I meningkat 79 22% dengan kategori tinggi pada siklus II. Dengan penerapan metode berbasis pembelajaran berbasis portofolio hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hasil belajar dari nilai rata-rata sebesar 74 225 dengan kategori baik pada siklus I meningkat menjadi 85 38 dengan kategori baik sekali pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 11 15 poin. Dalam pembahasan penelitian ini pada siklus II siswa lebih antusias dalam pembelajaran. Sebanyak 22 siswa (55%) telah berani mengajukan pertanyaan kepada guru sebanyak 14 siswa (35%) telah berani mengajukan pertanyaan kepada teman dan 4 siswa (10%) masih bersifat pasif. Untuk siswa yang berani menjawab pertanyaan baik yang diajukan guru ataupun teman sejawat ada 25 siswa (62 5%) yang berani melakukan hal tersebut. Untuk siswa yang rajin mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru sebanyak 32 siswa (80%) dan sisanya 8 siswa (20%) belum bisa dibilang cukup rajin dalam mengerjakan tugas. Kesimpulan yang bisa diambil dari penelitian (1) pada penerapan metode pembelajaran berbasis portofolio pada siswa kelas VIII-B SMP Negeri 20 Malang pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan memahami kegiatan pelaku ekonomi di masyarakat berdasarkan pada langkah-langkah pada metode pembelajaran berbasis portofolio berjalan dengan baik dan mengalami peningkatan di setiap siklusnya (2) penerapan metode pembelajaran berbasis portofolio pada siswa kelas VIII-B SMP Negeri 20 Malang mengalami peningkatan motivasi secara keseluruhan dari siklus I menuju ke siklus II dengan kategori tinggi di siklus II. Adapun saran yang diberikan dari peneliti (1) Bagi guru mata pelajaran ekonomi di SMP Negeri 20 Malang pada khususnya dan para guru ekonomi di sekolah lain pada umumnya disarankan untuk menerapkan metode pembelajaran berbasis portofolio sebagai salah satu alternatif pembelajaran di dalam kelas dalam rangka meningkatkan motivasi dan hasil belajar ekonomi siswa. (2) Penerapan metode pembelajaran berbasis portofolio hendaknya dilakukan secara bertahap sesuai dengan langkah-langkahnya agar mendapatkan hasil yang optimal yang nantinya bias mengembangkan daya kembang siswa dalam menelaah permasalahan yang sedeang berkembang. (3) Penerapan metode pembelajaran berbasis portofolio hendaknya disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan lingkungan belajar siswa dan ketersediaan waktu yang cukup. (4) Penelitian ini hendaknya dapat diteruskan oleh peneliti selanjutnya dengan kelas sekolah dan materi yang berbeda. (5) Bagi peneliti selanjutnya hendaknya melakukan tindakan lebih dari dua siklus sehingga hasil yang diperoleh dapat maksimal apabila ada ketersediaan waktu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/139108

Actions (login required)

View Item View Item