Tindak tutur guru dalam interaksi kelas Bahasa Indonesia di SMP Negeri 6 Malang / Khotimah Aprilianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Tindak tutur guru dalam interaksi kelas Bahasa Indonesia di SMP Negeri 6 Malang / Khotimah Aprilianti

Aprilianti, Khotimah (2009) Tindak tutur guru dalam interaksi kelas Bahasa Indonesia di SMP Negeri 6 Malang / Khotimah Aprilianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aprilianti Khotimah. 2008. Tindak Tutur Guru dalam Interaksi Kelas Bahasa Indonesia di SMP Negeri 6 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Program Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Dawud M.Pd (II) Dr. Kusubakti Andajani M.Pd Kata kunci tindak tutur interaksi kelas bahasa Indonesia Bahasa merupakan alat untuk berkomunikasi dengan orang lain. Penggunaan bahasa dalam pembelajaran di kelas merupakan realitas komunikasi yang berlangsung dalam interaksi kelas. Dalam interaksi kelas guru selalu menggunakan bahasa untuk memperlancar proses interaksi. Guru sebagai orang yang mempunyai peranan penting dalam proses belajar-mengajar selalu menggunakan tuturan sebagai media untuk menyampaikan ide kepada siswa. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemakaian tindak tutur bahasa Indonesia yang digunakan guru dalam interaksi kelas di SMP Negeri 6 Malang. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) jenis tindak tutur guru dalam interaksi kelas bahasa Indonesia di SMP Negeri 6 Malang (2) fungsi tindak tutur guru dalam interaksi kelas bahasa Indonesia di SMP Negeri 6 Malang dan (3) makna tindak tutur guru dalam interaksi kelas bahasa Indonesia di SMP Negeri 6 Malang. Untuk mencapai tujuan tersebut pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Data penelitian ini berupa data verbal yaitu tuturan guru dalam interaksi kelas. Sumber data dalam penelitian ini diambil dari guru bahasa Indonesia yang mengajar di kelas VII dan VIII SMP Negeri 6 Malang. Dalam penelitian ini peneliti berperan sebagai instrumen pengumpul data. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi perekaman dan pencatatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan didasarkan pada teknik alir. Analisis dengan teknik alir ini meliputi pengumpulan data reduksi data penyajian data penarikan kesimpulan dan hasil akhir. Penelitian ini menghasilkan temuan tentang jenis tindak tutur guru fungsi tindak tutur guru dan makna tindak tutur guru dalam interaksi kelas bahasa Indonesia di SMP Negeri 6 Malang. Jenis tindak tutur guru yang ditemukan adalah (1) tindak asertif meliputi tindak tutur menyetujui tindak tutur tidak menyetujui tindak tutur memberi penjelasan dan tindak tutur menyatakan sesuatu (2) tindak direktif meliputi tindak tutur melarang tindak tutur memerintah dan tindak tutur memberi nasehat (3) tindak komisif meliputi tindak tutur berjanji tindak tutur menawarkan dan tindak tutur bertanya (4) tindak ekspresif meliputi tindak tutur menjawab salam tindak tutur mengekspresikan rasa marah tindak tutur mengekspresikan pujian tindak tutur mengekspresikan teguran dan tindak tutur mengekspresikan gurauan dan (5) tindak deklarasi meliputi tindak memberi hukuman. Fungsi yang ditemukan adalah (1) fungsi untuk menyatakan tukar-menukar informasi faktual (2) fungsi untuk menyatakan tukar-menukar informasi intelektual (3) fungsi untuk menyatakan tukar-menukar emosi (4) fungsi untuk menyatakan tukar-menukar sikap moral (5) fungsi untuk meyakinkan atau mempengaruhi dan (6) fungsi untuk bersosialisasi. Sedangkan makna yang ditemukan adalah (1) makna konseptual (2) makna stilistik (3) makna refleksi (4) makna kolokatif (5) makna tematik (6) makna emotif (7) makna deskriptif dan (8) makna piktorial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/139102

Actions (login required)

View Item View Item