Faktor penghambat pelaksanaan mata pelajaran seni budaya dan keterampilan di Sekolah Dasar Negeri Parangargo II Kecamatan Wagir Kabupaten Malang / Renti Selena Yohanis - Repositori Universitas Negeri Malang

Faktor penghambat pelaksanaan mata pelajaran seni budaya dan keterampilan di Sekolah Dasar Negeri Parangargo II Kecamatan Wagir Kabupaten Malang / Renti Selena Yohanis

Yohanis, Renti Selena (2009) Faktor penghambat pelaksanaan mata pelajaran seni budaya dan keterampilan di Sekolah Dasar Negeri Parangargo II Kecamatan Wagir Kabupaten Malang / Renti Selena Yohanis. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yohanis Renti Selena. 2008. Faktor Penghambat Pelaksanaan Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan di Sekolah Dasar Negeri Parangargo II Kecamatan Wagir Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Seni Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I).Drs. Soerjo Wido Minarto M.Pd (II). Dra. Ninik Harini. Kata kunci Faktor penghambat Pelaksanaan Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan Mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan di Sekolah Dasar adalah mata pelajaran yang memuat tentang materi ajar seni. Di SDN Parangargo II pada pelaksanaan mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan tidak maksimal. Guru hanya memberi tugas menggambar pada siswa dan guru mengajak siswa bernyanyi sehingga timbul persepsi dari siswa bahwa mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan adalah menggambar dan menyanyi. Dalam kurikulum 2006 KTSP (Kurikulum Berbasis Satuan Pendidikan) materi ajar dapat dikembangkan oleh sekolah masing- masing sesuia dengan fasilitas yang dimiliki sekolah dan setiap sekolah dapat mengembangkan minimal satu bidang seni. Adapun tujuan penelitian adalah 1. Untuk mengetahui pelaksanaan mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan di SDN Parangargo II 2. Untuk mengetahui faktor penghambat pelaksanaan mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan di SDN Parangargo II 3. Untuk mengetahui usaha apa yang dilakukan untuk mengatasi faktor penghambat pelaksanaan mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan di SDN Parangargo II. Penelitian ini dilakukan di SDN Parangargo II yang terletak di jalan Juwetmanting no 2 Kecamatan Wagir Kabupaten Malang. Subyek penelitian adalah guru kelas I sampai dengan guru kelas VI siswa dan Kepala Sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan pendekatan yang digunakan pendekatan fenomenologi.Kehadiran peneliti di tempat penelitian sebagai instrumen sekaligus pengumpul data. Data dikumpulkan oleh peneliti melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan di SDN Parangargo II melalui tiga tahap yaitu persiapan dengan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran tahap pelaksanaan yang meliputi pelaksanaan sesuai jadwal materi ajar metode media dan evaluasi. Faktor penghambat pelaksanaan mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan meliputi faktor penghambat dari guru dari siswa sarana dan prasarana. Usaha yang dilakukan untuk mengatasi faktor penghambat telah dilakukan dari sekolah yaitu usaha guru kelas dan kebijakan yang diambil Kepala Sekolah. Dari luar sekolah adalah usaha yang dilakukan oleh orang tua siswa dalam mengatasi faktor penghambat yang ada. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat dijadikan masukan bagi guru kelas khusus di SDN Parangargo II untuk memilih metode yang tepat dan menggunakan media ajar. Dengan penelitian ini juga disarankan kepada guru SDN Parangargo II untuk lebih dapat memanfaatkan sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah dengan maksimal

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/139081

Actions (login required)

View Item View Item