Perancangan media komunikasi visual agropolitan televisi (ATV) sebagai strategi brand image perusahaan / Ratnadi Hendra Wicaksana - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan media komunikasi visual agropolitan televisi (ATV) sebagai strategi brand image perusahaan / Ratnadi Hendra Wicaksana

Wicaksana, Ratnadi Hendra (2009) Perancangan media komunikasi visual agropolitan televisi (ATV) sebagai strategi brand image perusahaan / Ratnadi Hendra Wicaksana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ATV adalah lembaga penyiaran lokal yang berdomisili di Batu Malang Raya dengan daerah jangkauan penyiaran yang mencakup wilayah Kota Batu Malang dan Kabupaten Malang. Saat ini sedang berkembang wacana di dalam ATV untuk menjadi stasiun televisi swasta dan dapat disiarkan secara nasional lewat satelit. Perusahaan mempersiapkan langkahlangkah strategis dengan meningkatkan daya promosi untuk mengangkat brand image ATV. Permasalahan yang dihadapi ATV adalah kurangnya media komunikasi visual yang mampu mempromosikan dan menginformasikan brand image ATV kepada masyarakat Malang Raya maupun pengiklan. Oleh karena itu perancangan media komunikasi visual ini dibuat untuk menghasilkan media promosi maupun informasi sebagai strategi mengangkat dan mempertahankan brand image ATV secara efektif. Model perancangan media komunikasi visual ATV menggunakan model prosedural yaitu model perancangan yang bersifat deskriptif. Prosedur penelitian perancangan yang ditempuh dimulai dengan mengidentifikasi perusahaan kompetitor serta target audience. Dilanjutkan dengan menganalisa data hasil indentifikasi untuk memperoleh datadata yang terolah yang siap diaplikasikan pada proses perancangan media. Dan diakhiri dengan pembuatan konsep desain untuk menentukan strategi kreatif yang tepat dan efektif. Media komunikasi visual yang digunakan yaitu bumper station ID cd interaktif poster iklan majalah iklan koran iklan billboard iklan spanduk neon box X banner mobil OB van stationery set baju kerja dan tugu televisi ATV. Gaya desain yang dipilih adalah modern dengan nuansa alam digital imaging sedangkan pada cd interaktif diberi sentuhan futuristic. Tema kampanye promosi ATV yaitu WarnaWarni Kota Batu maksudnya ATV berkomitmen menyajikan beragam acara berkualitas yang mengangkat potensi ekonomi wisata sosial budaya industri pertanian dan lainlain bagi Kota Batu Malang Raya. Keyword ATV adalah tampil lebih segar tampil lebih ceria tampil lebih dekat . Maskot yang digunakan adalah sepasang model dengan pakaian Malangan dan seragam ATV. Media komunikasi visual tersebut diharapkan dapat menyukseskan pembangunan brand image ATV kepada khalayak sehingga dapat mempertahankan posisi ATV sebagai market leader stasiun televisi lokal Malang Raya dan dalam jangka panjang siap menjadi stasiun televisi swasta nasional. Berdasarkan hasil perancangan ini disarankan agar ATV terus mengembangkan kegiatan promosi secara berkala dengan tema promosi yang berbeda dan inovatif setiap tahunnya. Tujuannya adalah untuk membentuk image positif ATV kedalam alam bawah sadar target audience sehingga pemirsa ATV akan terus tumbuh dan loyal terhadap ATV.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13908

Actions (login required)

View Item View Item