Perancangan video dokumenter pantai Bentar Kabupaten Probolinggo / Krisma Yusafet - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan video dokumenter pantai Bentar Kabupaten Probolinggo / Krisma Yusafet

Yusafet, Krisma (2010) Perancangan video dokumenter pantai Bentar Kabupaten Probolinggo / Krisma Yusafet. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pantai Bentar merupakan jenis wisata bahari yang dimiliki Kabupaten Probolinggo. Pantai Bentar terletak di tepi jalan Surabaya-Banyuwangi tepatnya di kecamatan Gending 7 kilometer dari kota Probolinggo ke arah timur. Letak pantai Bentar sangat potensial mengingat lokasi nya merupakan lintasan wisata overland Jawa-Bali. Pantai Bentar merupakan stop over ke dua setelah Pantai Pasir Putih yang ada di Situbondo. Mengingat Pantai Bentar baru berdiri sejak 2006 yang lalu maka diperlukan promosi yang kreatif untuk menarik wisatawan berkunjung ke Pantai Bentar. Video dokumenter merupakan salah satu pendukung promosi yang dapat diperhitungkan karena wujudnya berupa audio dan visual . Media yang berbentuk audio dan visual tentunya dapat memberikan informasi yang lebih maksimal daripada media yang menggunakan audio maupun visual saja. Penelitian ini menggunakan model prosedural yang bersifat deskriptif. Data yang dianalisis berupa data primer dan data sekunder mengenai Pantai Bentar target audience dan kompetitornya. Analisis data ini selanjutnya digunakan sebagai acuan untuk membuat film dan media promosi pendukungnya. Penelitian ini menghasilkan video dokumenter berdurasi 20 menit dan media pendukungnya sebagai media promosi Pantai Bentar. Diharapkan dengan adanya media promosi berupa video dokumenter yang memiliki karakteristik audio dan visual dapat menunjang dicapainya informasi yang tepat kepada masyarakat. Dengan demikian citra atau image yang diharapkan dapat terbentuk dengan maksimal di masyarakat khususnya didaerah Jawa-Bali. Pada akhirnya promosi yang baik dapat menambah jumlah wisatawan yang datang ke Pantai Bentar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13906

Actions (login required)

View Item View Item