Santoso, Hari PELAKSANAAN PENDIDIKAN PEMAKAI PERPUSTAKAAN (P3) SEBAGAI MEDIA PROMOSI MELALUI PENGENALAN KEHIDUPAN PERGURUAN TINGGI (PKPT). Universitas Negeri Malang.
Text
pendidikan pemakai.pdf Download (73kB) |
Abstract
Abstrak. Beberapa kendala dalam pelaksanaan kegiatan promosi di perpustakaan PT, diantaranya yaitu : (1) sumber daya yang dimiliki perpustakaan PT belum memiliki nilai keunggulan, (2) masyarakat akademis belum memandang secara benar terhadap tugas, fungsi dan peranan perpustakaan PT. Beberapa upaya untuk mengatasi kendala-kendala yang dihadapi dalam promosi perpustakaan PT, yaitu : (1) meyakinkan pimpinan PT tentang esensi perpustakaan. (2) meningkatkan citra positif tentang perpustakaan PT. (3) menempatkan promosi perpustakaan sebagai salah satu prioritas program perpustakaan PT. Strategi yang bisa digunakan dalam melaksanakan kegiatan promosi perpustakaan PT, yaitu : (a) menerbitkan buku pedoman perpustakaan PT. (b) mengadakan kegiatan ilmiah dalam bidang perpusdokinfo. (c) penataan kondisi fisik perpustakaan (Atmospheric). (d) kontak perorangan Tujuan P3 di perpustakaam PT adalah : (1) meningkatkan keterampilan pengguna agar mampu memanfaatkan kemudahan dan sumber daya perpustakaan secara mandiri, (2) membekali pengguna dengan teknik yang memadai dan sesuai untuk menemukan informasi dalam subjek tertentu, (3) meningkatkan pemanfaatan sumber daya dan pelayanan perpustakaan, (4) mempromosikan pelayanan perpustakaan, (5) menyiapkan pengguna agar dapat mengantispasi perkembangan ilmu dan teknologi. Pokok bahasan dalam P3 di perpustakaan PT meliputi : (1) tugas dan fungsi (2) peraturan dan tata tertib , (3) sistem layanan, (4) jenis sumber referensi dan informasi ilmiah , (5) alat pencarian bahan pustaka, (6) cara menemukan buku di rak buku , (7) susunan buku dalam rak buku , (8) perpustakaan digital , (9) kerja sama perpustakaan. Beberapa kendala dalam pelaksanaan P3, yaitu : (1) jumlah pemateri tidak seimbang dibandingkan dengan jumlah mahasiswa baru yang mengikuti P3 (2) tidak semua pustakawan memiliki kemampuan untuk melakukan sebuah presentasi (3) ruang yang digunakan untuk melaksanakan presentasi P3 tidak representatif (4) kegiatan P3 tidak ditindaklanjuti dengan kunjungan ke perpustakaan (library tour). Untuk mengatasi hal tersebut perlu dilakukan berbagai upaya agar pelaksanakaan P3 berjalan efektif, yaitu dengan : (1) menambah jumlah pemateri (2) meningkatkan kompetensi pustakawan dalam presentasi (3) melaksanakan presentasi P3 pada tempat yang representatif (4) melaksanakan kegiatan library tour . Kata kunci : Promosi perpustakaan, pendidikan pemakai, perguruan tinggi
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General) |
Divisions: | Artikel Pustakawan |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 25 Apr 2022 03:34 |
Last Modified: | 25 Apr 2022 03:34 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/1390 |
Actions (login required)
View Item |