Perancangan film animasi untuk iklan layanan masyarakat (ILM) tentang antisipasi bencana alam tsunami / Budi Prayogo - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan film animasi untuk iklan layanan masyarakat (ILM) tentang antisipasi bencana alam tsunami / Budi Prayogo

Prayogo, Budi (2009) Perancangan film animasi untuk iklan layanan masyarakat (ILM) tentang antisipasi bencana alam tsunami / Budi Prayogo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tsunami adalah rangkaian gelombang laut yang mampu menjalar dengan kecepatan hingga lebih 900 km per jam terutama diakibatkan oleh gempa bumi yang terjadi di dasar laut. Data historis menunjukkan bahwa sebagian besar wilayah Indonesia merupakan wilayah rawan bencana Tsunami. Yang terbesar dan paling memakan korban jiwa meninggal paling banyak adalah bencana Tsunami di Nangroe Aceh Darussalam. Kabupaten Malang adalah salah satu Kabupaten di Indonesia yang terletak di Propinsi Jawa Timur dan merupakan Kabupaten yang mempunyai batas wilayah bagian selatan langsung berbatasan dengan Samudra Indonesia yang menurut pusat vulkanologi dan mitigasi bencana Geologi dikategorikan sebagai wilayah rawan bencana alam tsunami. Didasari pemikiran tersebut dan sejalan dengan program pengembangan masyarakat yang mandiri masyarakat yang bersangkutan sendiri perlu mengetahui secara menyeluruh semua upaya tindakan penanggulangan bencana supaya bisa segera mengambil tindakan yang tepat pada waktu bencana terjadi. Tujuan dari pembuatan skripsi ini adalah untuk menghasilkan film pendek dengan teknik animasi yang mudah dipahami oleh masyarakat yang ada di kawasan pesisir pantai selatan di kabupaten Malang yang diharapkan bisa memberi gambaran dan pencerahan akan bahaya bencana alam Tsunami. Metode perancangan yang digunakan adalah model prosedural dengan menetapkan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk yang berupa rancangan media dan disertai deskripsi konseptual. Langkah-langkah dalam metode perancangan meliputi (1) latar belakang dan rumusan masalah (2) pengumpulan data (3) analisis data (4) menentukan konsep kreatif desain (5) visualisasi desain (6) hasil desain. Hasil dari perancangan berupa media untuk iklan televisi sebagai media utama surat kabar poster Horisontal banner Vertikal banner stiker Sign age dan brosur sebagai media pendukung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13898

Actions (login required)

View Item View Item