Analisis desain cover depan majalah Ijenews edisi 1-10 (bulan april-agustus 2006) / Agatha Artanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis desain cover depan majalah Ijenews edisi 1-10 (bulan april-agustus 2006) / Agatha Artanti

Agatha Artanti (2009) Analisis desain cover depan majalah Ijenews edisi 1-10 (bulan april-agustus 2006) / Agatha Artanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Cover depan majalah merupakan elemen paling penting dalam suatu majalah karena merupakan halaman yang pertama kali dilihat oleh pembaca.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik tipografi ilustrasi dan tata letak (lay out) cover depan majalah Ijenews edisi 1-10 bulan April-Agustus 2006. Rancangan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan data dilakukan dengan cara metode observasi terhadap cover depan majalah Ijenews edisi 1-10 dan wawancara terhadap desainer cover majalah Ijenews dengan bantuan lembar observasi dan lembar wawancara. Analisis data dimulai dengan menelaah data yang diperoleh melalui observasi wawancara dan studi kepustakaan kemudian data tersebut dirangkum untuk diproses dan dipaparkan secara deskriptif sebagai hasil penelitian. Berdasarkan analisis data dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa 1. Tipografi yang digunakan menggunakan kategori huruf San-serif yang menimbulkan kesan modern kontemporer efisien mempribadi sederhana masih ada keluwesan dan mudah dibaca. 2. Ilustrasi yang digunakan menggunakan jenis ilustrasi fotografi menggunakan pengolahan dengan program komputer menggunakan objek manusia sebagai daya tarik dan pendukung judul berita utama mengenai berita bisnis dan objek benda berfungsi menggambarkan dan menerangkan pada pembaca mengenai produk gaya hidup bagi pembaca.. 3. Komposisi tata letak (lay-out) yang digunakan pada cover majalah Ijenews menggunakan keseimbangan asimetris yang menimbulkan kesan dinamis memberi semangat motivasi dan inspirasi kepada pembaca untuk mengetahui informasi dan berita mengenai perkembangan dunia bisnis dan gaya hidup di kota Malang. Secara keseluruhan edisi 1-10 cover depan majalah Ijenews sudah cukup menarik dan menampilkan kesan sebagai majalah bisnis dan gaya hidup. Diharapkan pada tampilan selanjutnya lebih memperhatikan pemilihan warna pada tipografi judul berita utama agar mudah dan jelas dibaca. Ilustrasi dan tata letak yang ditampilkan juga lebih diperhatikan agar lebih menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13891

Actions (login required)

View Item View Item