Pengembangan media komunikasi visual tentang kemandirian dan kedisiplinan bagi anak terbelakang mental (tunagrahita) di SLB-C Sumber Dharma / Rhama Wahyu Adi Brata - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media komunikasi visual tentang kemandirian dan kedisiplinan bagi anak terbelakang mental (tunagrahita) di SLB-C Sumber Dharma / Rhama Wahyu Adi Brata

Rhama Wahyu Adi Brata (2009) Pengembangan media komunikasi visual tentang kemandirian dan kedisiplinan bagi anak terbelakang mental (tunagrahita) di SLB-C Sumber Dharma / Rhama Wahyu Adi Brata. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembinaan sikap kemandirian dan kedisiplinan bagi anak terbelakang mental di SLB-C Sumber Dharma mengalami kendala dan permasalahan masih kurangnya media pembelajaran yang mampu lebih memotivasi dan melatih sikap tersebut. Berkenaan dengan hal tersebut penggunaan media komunikasi visual sebagai salah satu sarana yang dapat dipilih untuk mengatasi permasalahan tersebut. Masalah utama dalam pengembangan ini adalah bagaimanakah bentuk dan struktur media komunikasi visual sebagai sarana pembelajaran untuk memotivasi dan melatih sikap kemandirian dan kedisiplinan bagi anak terbelakang mental (target audiens) di SLB-C Sumber Dharma. Pada pengembangan ini setelah proses visualisasi desain dilanjutkan dengan proses uji coba yang dilakukan dalam dua tahap. Tahap uji coba I dalam bentuk printout pada subyek coba (sample guru). Hasil analisa uji coba I adalah ada beberapa revisi pada aspek ilustrasi warna dan bentuk media. Berdasarkan hal tersebut maka media dikembangkan dalam bentuk prototype yang diujicobakan langsung pada kelompok kecil (sample) target audiens (uji coba II). Hasil uji coba II adalah media yang dihasilkan secara bentuk dan stuktur dinilai sesuai serta mendapat respon positif dari target audiens dengan lebih termotivasi dan terlatih untuk berinteraksi dalam proses pembelajaran sikap kemandirian dan kedisiplinan. Analisis data hasil uji coba tahap kedua digunakan sebagai dasar untuk merevisi produk dan pemanfaatan dan pengembangan lebih lanjut. Penggunaan media komunikasi visual sebagai sarana pembelajaran anak terbelakang mental hendaknya disertai evaluasi pihak SLB-C Sumber Dharma bekerjasama dengan pihak orangtua untuk mencapai hasil yang maksimal. Penggunaan media komunikasi visual diharapkan dapat diaplikasikan sebagai sarana pembelajaran pengetahuan lainnya. Pengembangan media komunikasi visual lebih lanjut hendaknya menggunakan alat pendukung yang lebih baik sehingga mampu menampilkan sebuah inovasi baru yang lebih praktis dalam penyajian pelayanan pendidikan bagi anak terbelakang mental.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13881

Actions (login required)

View Item View Item