Studi tentang hambatan-hambatan belajar siswa dalam mengikuti mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMA Negeri 8 Malang / Bagus Bahtiar Rifai - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang hambatan-hambatan belajar siswa dalam mengikuti mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMA Negeri 8 Malang / Bagus Bahtiar Rifai

Rifai, Bagus Bahtiar (2009) Studi tentang hambatan-hambatan belajar siswa dalam mengikuti mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMA Negeri 8 Malang / Bagus Bahtiar Rifai. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rifai Bagus Bahtiar. 2009. Studi tentang Hambatan-hambatan Belajar Siswa dalam Mengikuti Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMA Negeri 8 Malang. Skripsi Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mulyani Surendra M.S (II) Drs. Sapto Adi M. Kes. Kata kunci hambatan-hambatan belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Salah satu aspek yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan mutu hasil belajar siswa adalah mutu proses belajar mengajar. Peningkatan mutu hasil belajar tidak akan tercapai apabila dalam proses belajar mengajar terjadi hambatan-hambatan belajar. Maka tujuan pembelajaran kurikuler institusional dan pendidikan nasional juga tidak bisa tercapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hambatan belajar siswa dalam mengikuti mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMA Negeri 8 Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 8 Malang yang mengalami hambatan dalam belajar pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan sebanyak 286 siswa dan semua anggota populasi dijadikan sampel penelitian. Siswa tersebut tersebar dalam 26 kelas yang berbeda yaitu kelas X XI dan XII dengan demikian penelitian ini adalah penelitian populasi. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa hambatan belajar dari faktor intern yang meliputi aspek kesehatan intelegensi bakat serta minat yang dialami oleh siswa saat mengikuti mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMA Negeri 8 Malang masih dalam kategori rendah. Sedangkan hambatan belajar dari faktor ekstern yang meliputi aspek keadaan sosial ekonomi orangtua aspek sarana aspek prasarana aspek interaksi guru dan aspek penyajian materi yang dialami oleh siswa saat mengikuti mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMA Negeri 8 Malang dalam kategori sedang. Dari kedua faktor penghambat dalam belajar siswa tersebut terdapat faktor yang paling banyak dialami oleh siswa dalam belajarnya yaitu faktor ekstern pada aspek keadaan sosial ekonomi orangtua sebesar 44 69%. Persentase tersebut termasuk pada level tengah yaitu kategori sedang. Sedangkan faktor yang paling banyak dialami oleh siswa dalam belajarnya pada faktor intern pada aspek minat yaitu 33 78% siswa mengalami hambatan pada aspek tersebut persentase tersebut termasuk pada kategori rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/138766

Actions (login required)

View Item View Item