Studi tentang sarana dan prasarana Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan kelas VII pada semester genap di SMP se-Kecamatan Pandaan / Dedi Firmansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang sarana dan prasarana Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan kelas VII pada semester genap di SMP se-Kecamatan Pandaan / Dedi Firmansyah

Firmansyah, Dedi (2010) Studi tentang sarana dan prasarana Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan kelas VII pada semester genap di SMP se-Kecamatan Pandaan / Dedi Firmansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Firmasyah Dedi. 2008. Studi Tentang Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani Kelas VII Pada Semester Genap Di SMP Se-Kecamatan Pandaan. Skripsi Jurusan Ilmu Keolahragaan Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Agus Gatot Subijantoro M. Kes. (2) Drs. I Nengah Sudjana M. Pd. Kata Kunci Sarana Prasarana Pendidikan Jasmani. Keberhasilan suatu pendidikan dipengaruhi oleh sarana dan prasarana yang tersedia. Keberadaan sarana dan prasarana tidak kalah pentingnya dengan aspek-aspek pengajaran lainnya. Dalam praktek pengajaran sering dijumpai bagaimanapun pandainya guru dalam menyampaikan materi kepada siswanya tetapi tidak didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai maka mustahil hal tersebut dapat berhasil sesuai dengan yang diharapkan. Agar mencapai tujuan pembelajaran yang optimal dalam pendidikan jasmani khususnya di Sekolah Menengah Pertama (SMP) maka ada beberapa hal yang mendukung semua itu salah satunya adalah tersedianya sarana dan prasarana pendidikan jasmani sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Dari hasil observasi peneliti dapat disimpulkan bahwa sarana dan prasarana pendidikan jasmani di beberapa SMP di Kecamatan Pandaan kurang begitu mendukung terhadap proses pembelajaran pendidikan jasmani sehingga penerapan kurikulum pendidikan jasmani tidak dapat dilakukan secara maksimal. Hal tersebut dikarenakan kurang tersedianya sarana dan prasarana pendidikan jasmani. Selain itu juga karena perbandingan antara jumlah sarana dan prasarana dengan jumlah peserta didik tidak memungkinkan untuk membuat proses belajar mengajar berjalan dengan efektif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sarana dan prasarana pendidikan jasmani apa saja yang dimiliki oleh SMP se-Kecamatan Pandaan dan termasuk dalam kategori apakah sarana dan prasarana SMP se-Kecamatan Pandaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sarana dan prasarana pendidikan jasmani yang dimiliki oleh SMP se-Kecamatan Pandaan dan untuk mengetahui termasuk dalam kategori apakah sarana dan prasarana SMP se-Kecamatan Pandaan. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kuantitatif dengan subyek penelitian adalah sarana dan prasarana Pendidikan Jasmani di SMP se-Kecamatan Pandaan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari lapangan kemudian dianalisis dengan teknik persentase. Berdasarkan hasil penelitian (1) sarana dan prasarana pendidikan jasmani di SMP Negeri 2 Pandaan didapat (67 184%) (2) sarana dan prasarana pendidikan jasmani di MTs Negeri Pandaan didapat (56 965%) (3) sarana dan prasarana pendidikan jasmani di SMP Yayasan Pandaan didapat (62 99%) (4) sarana dan prasarana pendidikan jasmani di SMP Ma arif NU Pandaan didapat (54 425%) (5) sarana dan prasarana pendidikan jasmani di SMP Muhammadiyah 3 Pandaan didapat (76 125%) dan (6) sarana dan prasarana pendidikan jasmani di SMP PGRI Pandaan didapat (69 535%) (7) secara keseluruhan sarana dan prasarana pendidikan jasmani di SMP se-kecamatan Pandaan adalah (64 537%) Kesimpulan penelitian ini adalah (1) sarana dan prasarana pendidikan jasmani di SMP Negeri 2 Pandaan dalam kategori cukup (2) sarana dan prasarana pendidikan jasmani di MTs Negeri Pandaan dalam kategori cukup (3) sarana dan prasarana pendidikan jasmani di SMP Yayasan Pandaan dalam kategori cukup (4) sarana dan prasarana pendidikan jasmani di SMP Ma arif NU Pandaan dalam kategori kurang baik (5) sarana dan prasarana pendidikan jasmani di SMP Muhammadiyah 3 Pandaan dalam kategori baik dan (6) sarana dan prasarana pendidikan jasmani di SMP PGRI Pandaan dalam kategori cukup (7) secara keseluruhan sarana dan prasarana pendidikan jasmani di SMP se-Kecamatan Pandaan termasuk dalam kategori cukup.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/138741

Actions (login required)

View Item View Item