Perancangan desain komunikasi visual Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Agribisnis Tanaman Pangan dan Tanaman Obat Ketindan - Malang sebagai media promosi / Adi Widyantoro - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan desain komunikasi visual Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Agribisnis Tanaman Pangan dan Tanaman Obat Ketindan - Malang sebagai media promosi / Adi Widyantoro

Adi Widyantoro (2010) Perancangan desain komunikasi visual Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Agribisnis Tanaman Pangan dan Tanaman Obat Ketindan - Malang sebagai media promosi / Adi Widyantoro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Widyantoro Adi. 2007. Perancangan Desain Komunikasi Visual Balai Besar Pendidikan Dan Pelatihan Agribisnis Tanaman Pangan Dan Tanaman Obat Ketindan-Malang Sebagai Media Promosi. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sumarwahyudi M.Sn (II) Pranti Sayekti S.Sn M.Si Kata Kunci perancangan desain komunikasi visual balai besar pendidikan dan pelatihan agribisnis tanaman pangan dan tanaman obat Ketindan-Malang. Seiring dengan perubahan paradigma pembangunan pertanian dan pembangunan sektor pertanian menjadi pembangunan sistem dan usaha agribisnis yang menjadikan totalitas kinerja keseluruhan sub sistem usaha yang saling terkait saling tergantung dan saling berpengaruh mulai dan sektor hulu on farm dan hilir serta jasa penunjang membutuhkan sarana pendorong. Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Agribisnis Tanaman Pangan dan Tanaman Obat (BBDATPO) sebagai penyedia jasa diklat kepelatihan pertanian bagi masyarakat khususnya masyarakat pertanian yang berada di Jawa Timur dan sekitarnya seharusnya dapat lebih berperan aktif melakukan berbagai kegiatan promosi untuk mendukung penjualan jasanya kepada para konsumen. Perencanaan media komunikasi visual diyakini sebagai salah satu solusi untuk mendapatkan suatu posisi dalam persaingan tersebut. Akan tetapi setiap media dalam kondisi tertentu memiliki peranan dan fungsi yang berbeda maka perlu adanya perencanaan baik secara konseptual maupun visual dalam setiap perancangan media. Maka pokok permasalahan dalam perancangan ini adalah jenis media komunikasi visual apakah yang sesuai kebutuhan klien dan target audiens berkenaan dengan promosi Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Agribisnis Tanaman Pangan dan Tanaman Obat (BBDATPO) sebagai penyedia jasa diklat kepelatihan pertanian bagi masyarakat dan bagaimanakah konsep desain komunikasi visualnya. Perancangan ini menggunakan metode prosedural yang bersifat deskriptif terhadap Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Agribisnis Tanaman Pangan dan Tanaman Obat (BBDATPO). Metode pengumpulan data dilakukan melalui (1) wawancara (2) observasi (3) kuisioner. Teknik analisis yang digunakan adalah SWOT ( Streght weakness Opportunity Threat) dengan membandingkan data yang diperoleh melalui wawancara observasi dan hasil penyebaran kuisioner yang kemudian ditarik kesimpulan. Adapun fokus penelitian ini yaitu (1) konsep perancangan komunikasi visual (2) proses perancangan (3) bentuk perancangan media komunikasi visual. Penelitian ini dilaksanakan melalui beberapa tahapan yakni (1) tahap persiapan (2) tahap pelaksanaan (3) dan tahap penyusunan laporan penelitian. Berdasarkan analisis yang terkumpul penulis mempertimbangkan menentukan dan mengkonsep media komunikasi visual yang terdiri dari media ATL dan BTL yang cocok untuk meningkatkan dan mempertahankan citra (image) Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Agribisnis Tanaman Pangan dan Tanaman Obat (BBDATPO) Ketindan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13873

Actions (login required)

View Item View Item