Tanggapan siswa kelas III-V SD Islam Kardina Massa Blitar terhadap kemasan snack mie "Soba" / Via Auliana - Repositori Universitas Negeri Malang

Tanggapan siswa kelas III-V SD Islam Kardina Massa Blitar terhadap kemasan snack mie "Soba" / Via Auliana

Via Auliana (2010) Tanggapan siswa kelas III-V SD Islam Kardina Massa Blitar terhadap kemasan snack mie "Soba" / Via Auliana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Auliana Via. Tanggapan Siswa Kelas III-V SD Islam Kardina Massa Blitar Terhadap Kemasan Snack Mie SOBA . Skripsi Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Pujiyanto M.Sn (II) Drs. Sumarwahyudi M.Sn. Kata Kunci kemasan tanggapan snack mie SOBA . Saat ini persaingan produk makanan ringan atau snack dalam pasar semakin tajam salah satu usaha yang dapat ditempuh untuk menghadapi persaingan yang semakin tajam melalui seleksi ketat terhadap elemen-elemen yang ada pada desain kemasan diantaranya warna tipografi ilustrasi bentuk serta fungsi dari kemasan itu sendiri. Hal ini dikarenakan kemasan memiliki peran penting dalam menyampaikan daya tarik produk dalam waktu singkat. Oleh karena itu perlu dipersiapkan konsep yang matang agar produk yang ditawarkan akan lebih mudah dikenali oleh masyarakat atau segmen pasar yang dibidik. Sehingga output dari kemasan tersebut dapat merealisasikan permintaan pasar. Pada awal mulanya sebuah kemasan memang hanya sebagai pelindung dari produk tetapi dengan berjalannya waktu kemasan tidak hanya sebagai pelindung tetapi merupakan salah satu konsep dari pemasaran dalam meningkatkan penjualan produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan siswa kelas III-V SD Islam Kardina Massa Blitar terhadap kemasan snack mie SOBA . Ada dua hal yang dideskripsikan sehubungan dengan tanggapan siswa kelas III-V SD Islam Kardina Massa Blitar terhadap kemasan snack mie SOBA yaitu (1) desain visual kemasan snack mie SOBA dan (2) karakter dari kemasan snack mie SOBA . Hal-hal yang berkaitan dengan harga rasa dan isi tidak difokuskan dalam penelitian ini. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif. Data diperoleh dari 6 sampel sebagai data primer serta didukung dari data sekunder yang diambil dari 10 orang informan. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan untuk menganalisa data yaitu (1) kuesioner (2) wawancara dan (3) observasi. Tehnik triangulasi metode dipakai untuk memperkuat hasil dari data yang telah terjaring dari ketiga metode diatas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain visual dan karakter snack mie SOBA yang ada pada bagian depan memiliki pengaruh yang besar terhadap daya tarik siswa kelas III-V SD Islam Kardina Massa Blitar. Elemen-elemen yang terdapat pada desain visual serta karakter kemasan snack mie SOBA secara psikologis juga mempengaruhi unsur penting yang berkaitan dengan selera prestige daya ingat pengamatan dan fantasi siswa. Akan tetapi informasi yang ada pada bagian belakang kemasan luput (lolos) dari perhatian seluruh siswa. Hal ini dikarenakan font yang ditampilkan terlalu kecil daripada yang ada di kemasan bagian depan serta istilah-istilah asing yang masih belum dipahami dan diajarkan kepada siswa selama di sekolah maupun di rumah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13870

Actions (login required)

View Item View Item