Perancangan media promosi Festival Wisata Budaya Jombangan 2007 melalui media komunikasi visual / Ezar Samudra Syifa - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan media promosi Festival Wisata Budaya Jombangan 2007 melalui media komunikasi visual / Ezar Samudra Syifa

Ezar Samudra Syifa (2009) Perancangan media promosi Festival Wisata Budaya Jombangan 2007 melalui media komunikasi visual / Ezar Samudra Syifa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sektor Kebudayaan dan Pariwisata memiliki posisi strategis sebagai entry point bagi pembangunan Kabupaten Jombang. Kabupaten Jombang merupakan salah satu kota di Propinsi Jawa Timur yang memiliki keanekaragaman budaya. Jombang merupakan daerah yang memiliki potensi besar dalam bidang budaya dan pariwisata hal ini terlihat dengan banyaknya budaya dan kesenian yang lahir dan berkembang di Jombang seperti Tari Ngremo Boletan Teater Besutan dan masih banyak yang lainnya. Untuk mengakumulasikan pertunjukan kesenian budaya di Jombang maka Pemda Jombang mengadakan event Festival Wisata Budaya Jombangan tahun 2007. Festival Wisata Budaya Jombangan adalah event yang sayang untuk dilewatkan karena menayangkan acara yang menarik. Semua acara yang ada dalam festival ini diselenggarakan kurang lebih selama satu bulan di penghujung akhir tahun. Sayangnya promosi kegiatan tersebut belum dikerjakan secara maksimal terutama masalah desainnya. Sejauh ini media promosi yang banyak dilakukan adalah lewat perorangan atau mulut ke mulut saja. Media komunikasi visual adalah sarana promosi yang dapat menjangkau target pasar yang diinginkan bila dikerjakan dengan langkah langkah yang tepat sistematis dan efektif. Perancangan ini menggunakan metode prosedural yang bersifat deskriptif terhadap Festival Wisata Budaya Jombangan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui (1) wawancara (2) observasi (3) angket (4) literatur. Kemudian dianalisa dengan membandingkan data yang diperoleh melalui wawancara observasi dan hasil penyebaran angket serta data literatur yang kemudian ditarik kesimpulan. Sehingga nantinya media komunikasi visual yang dirancang bisa sesuai dengan yang diharapkan oleh pihak klien yaitu Parbupora Kabupaten Jombang. Kesimpulan penelitian ini adalah perancangan media promosi Festival Wisata budaya Jombangan 2007 melalui media komunikasi visual dengan bentuk visualisasi yang sesuai dengan ciri khas warna ilustrasi fotografi tipografi serta media yang digunakan. Saran yang dapat diajukan yaitu agar dalam pembuatan media promosi Festival Wisata Budaya Jombangan diharapkan lebih konsisten menggunakan hal-hal yang menjadi ciri khas kesenian dan kebudayaan Jombang seperti warna dan tipografi diharapkan juga penggunaan perancangan media komunikasi visual merupakan suatu solusi yang tepat sehingga bisa menarik minat masyarakat untuk melihat Festival Wisata Budaya Jombangan 2007.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13868

Actions (login required)

View Item View Item