Studi tentang pembinaan lingkungan fisik sekolah sehat SMA Negeri Adiwiyata di Kota Malang / Weni Herera - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang pembinaan lingkungan fisik sekolah sehat SMA Negeri Adiwiyata di Kota Malang / Weni Herera

Herera, Weni (2009) Studi tentang pembinaan lingkungan fisik sekolah sehat SMA Negeri Adiwiyata di Kota Malang / Weni Herera. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tercapainya kehidupan lingkungan sekolah sehat dapat mendukung proses belajar mengajar maka diharapkan siswa dapat menerapkan lingkungan hidup sehat di sekolah di lingkungan keluarga dan masyarakat. Hal tersebut dapat terlaksana bila lingkungan sekolah dibina dan dikembangkan secara sehat melalui Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dengan melaksanakan Trias UKS dan mensukseskan 8 Gol UKS. SMA Negeri 10 Malang adalah sekolah sebagai Calon Sekolah Adiwiyata yaitu Program dari Kementrian Lingkungan Hidup (KLH) dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian Lingkungan Hidup. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pembinaan lingkungan fisik SMA Negeri 10 Malang sebagai sekolah Adiwiyata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah lingkungan fisik SMA Negeri 10 Malang sebagai sekolah Adiwiyata dan SMA Negeri 6 Malang sebagai sekolah kontrol/pembanding. Lingkungan fisik sekolah sehat yang meliputi gedung sekolah sarana-sarana kebersihan sekolah halaman dan kebun sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan lingkungan fisik sekolah sehat SMA Negeri Adiwiyata yaitu SMA Negeri 10 Malang memperoleh kategori baik dengan persentase 87 54% sedangkan SMA Negeri 6 Malang sebagai sekolah kontrol/pembanding memperoleh kategori cukup baik dengan persentase 68 83%. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa pembinaan lingkungan fisik sekolah sehat di SMA Negeri 10 Malang sudah memenuhi kategori baik. Sedangkan hasil penelitian lingkungan fisik sekolah sehat di SMA Negeri 6 Malang memperoleh kategori cukup baik sehingga pembinaan lingkungan fisik di SMA Negeri 10 Malang perlu dipertahankan dan lebih ditingkatkan lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 May 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/138636

Actions (login required)

View Item View Item