Perancangan media komunikasi visual tigasisi studio sebagai peningkatan promosi / oleh Agdi Sukma Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan media komunikasi visual tigasisi studio sebagai peningkatan promosi / oleh Agdi Sukma Kurniawan

Agdi Sukma Kurniawan (2009) Perancangan media komunikasi visual tigasisi studio sebagai peningkatan promosi / oleh Agdi Sukma Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sebagai perusahaan yang telah lama bergerak di bidang multijasa Tigasisi Studio ingin memperluas target pasar dan meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat luas. Hal tersebut membutuhkan media komunikasi visual yang dapat memberikan image yang baik di mata perusahaan lain baik kecil atau besar dan pada masyarakat pada umumnya. Untuk meningkatkan promosi dibutuhkan publikasi terhadap masyarakat luas yang berguna sebagai media informasi tentang produk dan jasa yang ditawarkan Tigasisi Studio. Perancangan ini menggunakan model prosedural yang bersifat deskriptif dimana hal tersebut sebagai pedoman dalam menentukan proses perancangan media komunikasi visual. Hasil yang diperoleh dari perancangan ini merupakan media desain komunikasi visual yang digunakan sebagai media promosi. Media-media tersebut memuat segala produk dan jasa Tigasisi Studio dan diisi pula sebuah company profile. Konsep dalam perancangan media komunikasi visual ini adalah dengan menggunakan gaya desain minimalis namun modern. Pemilihan keyword yaitu Serve you from heart dengan jenis font MurrayHill Bd Bt yang bentuknya luwes karena memberikan image pada jasa dan pelayanan yang diberikan oleh perusahaan kepada konsumen. Untuk headline Advertising Architect menggunakan jenis font Vipnagorgialla yang futuristik agar sesuai dengan visi dan misi perusahaan. Sedangkan untuk jenis-jenis produk menggunakan jenis font Arial Black yang mencitrakan mutu dan kualitas produk dan jasa terjamin. Sedangkan jenis font Arial digunakan sebagai pelengkap desain pada media komunikasi visual. Ilustrasinya dengan dipadukan warna dan bentuk sehingga dapat menjadi unsur penarik perhatian dari media tersebut. Sementara itu dalam konsep tersebut muncul pemakaian warna. Warna yang digunakan adalah dominan warna orange yang mewakili identitas Tigasisi Studio yang kemudian bisa dipadukan dengan beberapa warna biru. Dalam perancangan media komunikasi visual Tigasisi Studio ini menggunakan teknologi komputer dimana dalam setiap pengolahannya menggunakan software. Software yang digunakan adalah Adobe Photoshop CS.9 Corel Draw 12 dan Macromedia Flash MX 2004. Media-media tersebut adalah berupa brosur poster iklan koran iklan majalah mini banner kartu nama voucher kalender spanduk stationery papan nama dan interaktif multimedia. Media promosi sangat penting dan merupakan kebutuhan suatu perusahaan yang ingin lebih maju dan untuk menembus pasar yang lebih luas sehingga dapat memenuhi target serta visi dan misi perusahaan. Maka dipilihlah media komuni-kasi visual yang efektif dan efisien demi memperoleh keberhasilan kegiatan promosi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13860

Actions (login required)

View Item View Item