Perancangan media komunikasi visual Hotel Merdeka Madiun sebagai media promosi / oleh Safitri Wiji Utami - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan media komunikasi visual Hotel Merdeka Madiun sebagai media promosi / oleh Safitri Wiji Utami

Safitri Wiji Utami (2009) Perancangan media komunikasi visual Hotel Merdeka Madiun sebagai media promosi / oleh Safitri Wiji Utami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perancangan Media Komunikasi Visual Hotel Merdeka Madiun Dewasa ini persaingan bisnis di bidang jasa khususnya perhotelan semakin meningkat. Banyaknya hotel-hotel yang berdiri dengan berbagai keunggulan yang dimiliki menjadikan persaingan yang ketat. Agar dapat bersaing dan tetap eksis untuk mempertahankan pangsa pasar yang telah dimilikinya. diperlukan media komunikasi visual sebagai media promosi yang baik dan terkonsep. Madiun merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang banyak berdiri hotel-hotel salah satunya adalah hotel Merdeka Madiun yang berdiri sejak tahun 1904. Saat ini Hotel Merdeka berstatus hotel bintang dua yang memiliki 103 kamar dengan fasilitas hotel yaitu restoran (restaurant) ruang konvensi (convention hall) ruang rapat (meeting room) kolam renang (swimming pool). Untuk lebih mengangkat keberadaan hotel Merdeka Madiun dan menjadi market leader bisnis perhotelan di kota Madiun maka penulis memilih judul Perancangan Media Komunikasi Visual Hotel Merdeka Madiun Sebagai Media Promosi . Tujuan perancangan ini adalah merancang media komunikasi visual yang sesuai untuk hotel Merdeka Madiun sebagai media promosi kepada target audence maupun khalayak umum. Perancangan ini dibuat berdasarkan observasi di hotel Merdeka Madiun didukung survei tingkah laku konsumen dengan cara penyebaran kuisioner kepada tamu hotel serta wawancara dengan pihak manajemen hotel. Hasil observasi wawancara dan kuesioner dianalisa dan dijadikan acuan menyusun konsep desain kemudian membuat draft desain (visualisasi desain) dan dipilih satu desain comprehensive dan final layout yang dijadikan hasil perancangan. Perancangan media komunikasi visual sebagai media promosi yang dihasilkan terdiri dari media lini atas (Above The Line) dan media lini bawah (Below The Line). Media lini atas terdiri dari papan nama (name board) papan iklan (billboard) postel panels papan penunjuk arah (sign board) iklan koran dan media lini bawah terdiri dari Xbanner brosur katalog kalender stiker stationary set yang terdiri dari kertas surat amplop book note map. Kesimpulan dan saran dari perancangan ini adalah periklanan merupakan salah satu bauran promosi yang sangat bermanfaat untuk dapat mencapai target market oleh karena itu dalam proses perancangan iklan harus dilakukan dengan konsep dan strategi yang matang matang untuk menghasilkan desain yang menarik komunikatif menciptakan kesan modern dan eksklusif sehingga dapat mencapai tujuan perancangan. Selain dengan promosi yang gencar juga terus mempertahankan kualitas pelayanan kepada tamu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13855

Actions (login required)

View Item View Item