Studi tentang motivasi siswa putri kelas XI dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani di SMA Negeri 7 Malang / Ardita Bagus Yuwana - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang motivasi siswa putri kelas XI dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani di SMA Negeri 7 Malang / Ardita Bagus Yuwana

Yuwana, Ardita Bagus (2010) Studi tentang motivasi siswa putri kelas XI dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani di SMA Negeri 7 Malang / Ardita Bagus Yuwana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Motivasi adalah daya penggerak yang menyebabkan seseorang melakukan suatu perbuatan dengan cara tertentu. Motivasi siswa putri dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani selama ini cenderung rendah. Kecenderungan motivasi siswa putri yang cenderung rendah ini datang dari dalam diri siswa maupun dari luar diri siswa. Siswa memiliki berbagai alasan untuk tidak mengikuti pembelajaran di sekolah. Dengan motivasi belajar yang cenderung rendah akan mengakibatkan prestasi siswa menjadi menurun. Hal inilah yang menjadi hambatan dalam pencapaian tujuan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran motivasi siswa putri kelas XI dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani di SMA Negeri 7 Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 7 Malang. Teknik sampel yang digunakan proporsional random sampling diperoleh sampel penelitian dengan jumlah 69 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket atau kuesioner. Hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian yaitu banyak (66.67%) siswa kelas XI SMA Negeri 7 Malang yang memiliki motivasi intrinsik dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani. Sedikit (33.33%) siswa kelas XI SMA Negeri 7 Malang yang memiliki motivasi ekstrinsik dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dikemukakan saran bahwa (1) Bagi guru (a) Guru memiliki peranan penting dalam menumbuhkan motivasi belajar siswanya melalui berbagai aktivitas belajar yang didasarkan pada pengalaman dan kemampuan guru kepada siswa secara individual. Selain guru orang tua juga sangat berperan aktif dalam menumbuhkan belajar siswa di rumahnya (b) Pembelajaran yang bermotivasi menuntut kreatifitas dan imajinitas guru untuk berupaya secara sungguh-sungguh mencari cara-cara yang relevan dan serasi guna membangkitkan dan memeliharan motivasi belajar siswa (c) Bila motivasi ekstrisik yang diberikan itu dapat membantu anak didik keluar dari lingkaran masalah kesulitan belajar maka motivasi dapat diperankan dengan baik oleh guru. Peranan yang dimainkan oleh guru dengan mengandalkan fungsi-fungsi motivasi merupakan langkah yang akurat untuk menciptakan iklim belajar yang kondusif bagi anak didik. (2) Bagi peneliti sebagai bahan pustaka untuk mengadakan pengembangan keilmuan dan penelitian lebih lanjut khususnya tentang hal lain yang berkaitan dengan motivasi belajar atau faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/138527

Actions (login required)

View Item View Item