Peningkatan ketrampilan teknik dasar passing sepakbola menggunakan kaki bagian dalam dengan menggunakan variasi pembelajaran pada siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Tirtoyudo Kabupaten Malang / Agung Ronggo Prasdian - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan ketrampilan teknik dasar passing sepakbola menggunakan kaki bagian dalam dengan menggunakan variasi pembelajaran pada siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Tirtoyudo Kabupaten Malang / Agung Ronggo Prasdian

Prasdian, Agung Ronggo (2009) Peningkatan ketrampilan teknik dasar passing sepakbola menggunakan kaki bagian dalam dengan menggunakan variasi pembelajaran pada siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Tirtoyudo Kabupaten Malang / Agung Ronggo Prasdian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prasdian Agung Ronggo. 2009. Peningkatan Keterampilan Teknik Dasar Passing Sepakbola Menggunakan Kaki Bagian Dalam dengan Menggunakan Variasi Pembelajaran pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 2 Tirtoyudo Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Ilmu Keolahragaan FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sulistyorini M.Pd (II) Drs. Mulyani Surendra M.S. Kata kunci variasi pembelajaran passing menggunakan kaki bagian dalam Pendidikan jasmani merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan pada pendidikan formal dari SD/MI hingga SMA/MA. Dalam ruang lingkup pendidikan jasmani untuk jenjang SMP/MTs aktivitas permainan dan olahraga merupakan salah satu aktivitas yang tercantum pada KTSP. Salah satu aktivitas permainan yang diajarkan adalah sepakbola. Sepakbola tidak hanya diberikan pada kegiatan intrakurikuler tapi juga diberikan pada kegiatan ekstrakurikuler. Berdasarkan hasil observasi awal pembelajaran materi pokok sepakbola dengan materi pembelajaran passing menggunakan kaki bagian dalam pada kelas VII A SMP Negeri 2 Tirtoyudo diketahui bahwa 19 siswa (54 39%) belum tuntas belajar dan 16 siswa (45 71%) yang sudah tuntas belajar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah perbaikan variasi pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan teknik dasar passing sepakbola menggunakan kaki bagian dalam pada siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Tirtoyudo Kabupaten Malang. Tujuan penelitian adalah untuk melakukan perbaikan variasi pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan teknik dasar passing sepakbola menggunakan kaki bagian dalam pada siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Tirtoyudo Kabupaten Malang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang melalui beberapa siklus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah peneliti sendiri selaku guru pendidikan jasmani dan siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Tirtoyudo yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi catatan lapangan dan tes penilaian. Sedangkan analisis data meliputi mereduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan siswa yang sudah tuntas belajar dari siklus I sampai siklus III. (1) Pada siklus I siswa yang sudah tuntas belajar meningkat menjadi 22 siswa (62 86%) dan siswa yang belum tuntas belajar menurun menjadi 13 siswa (37 14%). (2) pada siklus II siswa yang tuntas mengalami peningkatan menjadi 28 siswa (80%) dan siswa yang belum tuntas belajar menurun menjadi 7 siswa (20%). (3) pada siklus III siswa yang telah tuntas belajar meningkat menjadi 33 siswa (94 29%) dan siswa yang belum tuntas belajar menurun menjadi 2 siswa (5 71%). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah perbaikan variasi pembelajaran yang dirancang dan dilakukan secara terprogram oleh guru dapat meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar keterampilan teknik dasar passing sepakbola menggunakan kaki bagian dalam pada siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Tirtoyudo Kabupaten Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/138513

Actions (login required)

View Item View Item