Perancangan media komunikasi visual Hotel Pelangi di Malang / oleh Noor Aini - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan media komunikasi visual Hotel Pelangi di Malang / oleh Noor Aini

Noor Aini (2009) Perancangan media komunikasi visual Hotel Pelangi di Malang / oleh Noor Aini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dewasa ini dunia pariwisata dan perhotelan tumbuh dan berkembang seiring dengan membaiknya situasi dalam negeri. Situasi ini adalah sebuah prospek yang sangat baik dan menjanjikan bagi dunia perhotelan sebagai penyedia jasa akomodasi bagi wisatawan. Adanya perkembangan dalam dunia bisnis tersebut ditandai dengan perubahan drastis serta meningkatnya persaingan. Oleh karena itulah kebutuhan menyusun strategi pemasaran yang tepat dan efektif menjadi hal mutlak yang harus dilakukan. Strategi itu bisa saja dalam bentuk menciptakan atau meningkatkan citra (image) positif di benak konsumen melalui bantuan media komunikasi visual untuk mengkomunikasikannya. Penyampaian realitas tentang bagaimana citra tersebut bisa dilakukan dengan kegiatan-kegiatan promosi atau di kenal dengan istilah periklanan yang bisa dilakukan melalui media Komunikasi visual (Sutisna 2001 86). Periklanan dapat digunakan untuk membangun citra jangka panjang bagi suatu produk dan sisi lain mempercepat penjualan (Kotler 2002 644). Perancangan ini adalah Perancangan media komunikasi visual sebagai Komunikasi Visual Hotel Pelangi untuk dapat meningkatkan dan mempertahankan Citra (image). Adapun fokus penelitian ini yaitu (1) konsep perancangan media komunikasi visual Hotel Pelangi (2) proses perancangannya dan (3) bentuk perancangan media komunikasi visual Hotel Pelangi. Perancangan ini menggunakan model prosedural yang bersifat deskriptif yang dilakukan di Hotel Pelangi Malang. Metode pengumpulan data (1) wawancara mendalam (2) observasi (3) kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah SWOT dengan membandingkan data yang diperoleh melalui wawancara observasi dan hasil penyebaran kuesioner kemudian ditarik kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan melalui tahapan persiapan pelaksanaan dan penyusunan laporan penelitian. Kesimpulan penelitian ini adalah perancangan media komunikasi visual di Hotel Pelangi sesuai dengan ciri khas baik warna ilustrasi dan fotografi tipografi maupun lokasi penempatan media komunikasi visual yang berfungsi sebagai fasilitas penyampaian informasi dari pihak Hotel Pelangi kepada target marketnya. Saran yang dapat diajukan adalah (1) membuat perancangan dan penyempurnaan media komunikasi visual yang tepat dan efektif serta sesuai dengan kebutuhan target market (2) mengarahkan Hotel Pelangi untuk lebih gencar lagi menggunakan media komunikasi visual sebagai fasilitas penyampaian informasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13851

Actions (login required)

View Item View Item