Persepsi dan motivasi siswa dalam belajar seni musik karawitan Jawa pada pembelajaran seni budaya di SMA Negeri 1 Batu / Hanun Adhaninggar

Adhaninggar, Hanun (2018) Persepsi dan motivasi siswa dalam belajar seni musik karawitan Jawa pada pembelajaran seni budaya di SMA Negeri 1 Batu / Hanun Adhaninggar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Adhaninggar, Hanun. 2018. Persepsi dan Motivasi Siswa Dalam Belajar Seni Musik Karawitan Jawa Pada Pembelajaran Seni Budaya di SMA Negeri 1 Batu, Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. (I) Drs. Soerjo Wido Minarto, M.Pd Kata Kunci: Persepsi, Motivasi, Seni Musik Karawitan Jawa, Pembelajaran, Seni Budaya Seni Budaya merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib dipelajari siswa di sekolah. Seni terdiri dari empat aspek seni yaitu seni rupa, seni tari, seni musik, dan seni teater. Pelaksanaan pembelajaran Seni Budaya di SMA Negeri 1 Batu mencakup tiga aspek pembelajaran seni yaitu seni rupa, seni musik karawitan Jawa dan seni musik modern. Khusus untuk mata pelajaran seni budaya siswa dapat memilih salah satu aspek pembelajaran seni saja. SMA Negeri 1 Batu merupakan satu-satunya sekolah di Batu yang menerapkan pembelajaran seni musik karawitan Jawa sebagai pelajaran intra sekolah. Sebagian besar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Batu memilih seni musik karawitan pada pembelajaran seni budaya. Berdasarkan latar belakang tersebut, permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi dan tingkat motivasi belajar siswa dalam belajar seni musik karawitan Jawa pada pembelajaran seni budaya di SMA Negeri 1 Batu. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan persepsi dan tingkat motivasi belajar siswa dalam belajar seni musik karawitan Jawa pada pembelajaran seni budaya di SMA Negeri 1 Batu. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif dan pengumpulan datanya menggunakan angket. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik prosentase. Populasinya adalah siswa SMA Negeri 1 Batu. Sampel dilakukan secara sampling random sederhana pada kelas XI SMA Negeri 1 Batu yang berjumlah 260 siswa, selanjutnya pengambilan sampel dilakukan secara acak dan jumlah keseluruhan sampel adalah 52 siswa. Hasil penelitian ini adalah persepsi siswa dalam belajar seni musik karawitan Jawa pada pembelajaran seni budaya cenderung baik. Hal ini dilihat dari hasil penelitian beberapa aspek hasilnya positif. Sedangkan tingkat motivasi belajar siswa dalam belajar seni musik karawitan Jawa pada pembelajaran seni budaya cenderung tinggi. Disarankan pada guru atau pendidik agar dapat mempertahankan dan meningkatkan motivasi belajar siswa agar lebih baik, karena guru merupakan salah satu faktor penting dalam menunjang keberhasilan siswa untuk mendapatkan hasil belajar yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13807

Actions (login required)

View Item View Item