Pengembangan kurikulum sebagai implementasi kompetensi pedagogik guru mata pelajaran seni budaya sub bidang seni musik di SMP Negeri 1 Tulungagung / Frischa Rindi Pradana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan kurikulum sebagai implementasi kompetensi pedagogik guru mata pelajaran seni budaya sub bidang seni musik di SMP Negeri 1 Tulungagung / Frischa Rindi Pradana

Pradana, Frischa Rindi (2017) Pengembangan kurikulum sebagai implementasi kompetensi pedagogik guru mata pelajaran seni budaya sub bidang seni musik di SMP Negeri 1 Tulungagung / Frischa Rindi Pradana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pradana Frischa Rindi. 2017. Pengembangan Kurikulum sebagai Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru Mata Pelajaran Seni Budaya Sub Bidang Seni Musik di SMP Negeri 1 Tulungagung. Skripsi. Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Ninik Harini M.Sn Kata Kunci Kurikulum Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan merupakan suatu yang sangat penting bagi kehidupan manusia dalam dunia pendidikan guru berperan penting sebagai ujung tombak pelaksana pendidikan sehingga setiap guru wajib untuk memiliki kompetensi dalam bidang pendidikan. Salah satu bagian dari kompetensi tersebut adalah kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan sesorang guru yang meliputi perencanaan pelaksanaan evaluasi dan pengembangan potensi peserta didik. Pengembangan kurikulum merupakan salah satu bagian dari kompetensi pedagogik yaitu penyusunan tentang isi dan bahan yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi kompetensi pedagogik guru mata pelajaran seni budaya sub bidang seni musik di SMP Negeri 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan observasi proses pembelajaran wawancara kepada informan Ali Makrus dan Sadiyatul Munawaroh serta dokumentasi berupa foto dan dokumen perangkat pembelajaran silabus dan RPP. Analisis data dibagi menjadi tiga tahapan yaitu reduksi penyajian dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini pengembangan kurikulum sebagai implemantasi kompetensi pedagogik guru mata pelajaran seni budaya sub bidang seni musik di SMP Negeri 1 Tulungagung dilakukan dengan cara mengembangkan indikator pencapaian kompetensi pada ranah kognitif dan psikomotor mengembangkan tujuan pembelajaran yang mencakup ranah afektif dan psikomotor mengembangkan materi pembelajaran yang meliputi materi fakta konsep dan prosedur mengembangkan langkah pembelajaran secara runtut yang meliputi kegiatan awal kegiatan inti dan kegiatan akhir mengembangkan penilaian yang meliputi ranah afektif ranah kognitif dan ranah psikomotor serta menggunakan prinsip relevansi sebagai prinsip pengembangan kurikulum. Saran dari peneliti kompetensi pedagogik guru harus terus dikembangkan dan dioptimalkan untuk mencapai keberhasilan proses belajar mengajar secara maksimal. ABSTRACT Pradana Frischa Rindi. 2017. The Development of Curriculum as Pedagogic Competence Teacher Implementation in Art Major Music Subject at PJHS 1 Tulungagung. Research. Educational Dance and Music Art Art and Design Major Literature Department State University of Malang. Supervisor Dra. Ninik Harini M.Sn Keyword Curriculum Pedagogic Competence Teacher Education one kind of the most important thing in human life. In education world teacher acting as the main actor in education so every single teacher need to have competence in educational dise. One kind of then is pedagogic competence. Pedagogic competence is teacher competence in planning doing evaluating and developing of student potential. Developing curriculum is also one kind od pedagogic conpetence that composing about material and content that used to implemented as learning center. The goal of this research is to describe about the implementation of teacher pedagogik competence in art major music subject at PJHS 1 of Tulungagung. This research using qualitative phenomenological with descriptive explanation. And collecting data procedur is observation in learning process interview to the informant Ali Makrus dan Sadiyatul Munawaroh also documentation like photo and syllabus learning tool also RPP. Data validity checking has done by using triangulation source technique and triangulation technique. The result of this research is curriculum development as the implementation of teacher pedagogic competence in art major music subject at PJHS 1 of Tulungagung with developing achieving competence indicator in cognitive and psychomotor developing leaning goal that accomodate affective and psychomotor developing learning matter that consist of fact material concept and procedure developing learning step in order that consist of earlt activity main activity and final activity developing assessment that consist of affective cognitive and psychomotor also using relevancy principle as a part of curriculum development principle. Suggestion from the researcher in teacher pedagogik competence is the teacher have to improve and optimize to get any study success process can achieve maximally.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13802

Actions (login required)

View Item View Item