Fitriani, Nur Hairunisah (2016) Penerapan metode drill dalam pembelajaran Tari Beskalan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar di SMP Negeri 2 Pakisaji / Nur Hairunisah Fitriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Fitriani Hairunisah Nur. 2015. Penerapan Metode Drill Dalam Pembelajaran Tari Beskalan Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di SMPN Negeri 2 Pakisaji. Skripsi Jurusan Seni Dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs Iriaji M.Pd. Kata Kunci Metode Drill Pembelajaran Tari Beskalan Aktivitas dan Hasil Belajar. Konsep seni sebagai ketrampilan dan konsep seni sebagai ekspresi. Sebagaimana yang tercantum pada Kurikulum KTSP yaitu dengan Standar Kompetensi mengekspresikan diri melalui seni tari dan Kompetensi Dasar memperagakan tari tunggal/berpasangan daerah setempat . Konsep seni sebagai ketrampilan merupakan konsep seni tradisional yang berorientasi pada estetika perasaan. Konsep seni sebagai ekspresi merupakan konsep seni modern yang berorientasi pada estetika perasaan. Konsep ini mengorientasikan bahwa kegiatan seni adalah kegiatan untuk menyalurkan ekspresi dan kreatifitas secara bebas. Pembelajaran ekspresi seni tari di SMPN 2 Pakisaji kurang mampu meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Salah satu alternatif untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa dapat menggunakan metode Drill. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran ekspresi seni tari menggunakan metode Drill. Penelitian ini menggunakan rancangan jenis penelitian tindakan kelas. Di mana setiap siklus terdiri dari tahap-tahapan yaitu 1) Perencanaan 2) Pelaksanaan 3) Pengamatan (observasi) dan 4) Refleksi. Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Pakisaji Kabupaten Malang. Subjek penelitiannya yaitu seluruh siswa kelas VIIB yang berjumlah 27 orang. Analisis data yang digunakan berupa data prosentase. Pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan observasi wawancara tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Untuk mengukur keterampilan menari menggunakan lembar penilaian dengan indikator (1) Merangkai ragam gerak tari Beskalan Secara Individu (2) Mendemonstrasikan ragam gerak tari Beskalan secara kelompok (3) Menyajikan bentuk tari Beskalan secara kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I siswa yang mencapai nilai SKM ketuntasan (75) sejumlah 16 siswa dengan prosentase 59 25% dan siswa yang mencapai nilai tidak tuntas sejumlah 11 siswa dengan prosentase 40 7%. Padasiklus II siswa yang mencapai nilai SKM (75) sejumlah 23 siswa dengan prosentase 85 18% dan siswa yang mencapai nilai tidak tuntas sejumlah 4siswa dengan prosentase 14 81%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa untuk itu disarankan agar guru Seni Budaya menggunakan metode Drill untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran ekspresi seni tari.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jan 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/13790 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |