Penerapan pendekatan kritik holistik dalam pembelajaran apresiasi seni tari nusantara pada kelas VIII A di SMP Negeri 2 Pakisaji Kabupaten Malang / Arinda Gustianing Ratih - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan kritik holistik dalam pembelajaran apresiasi seni tari nusantara pada kelas VIII A di SMP Negeri 2 Pakisaji Kabupaten Malang / Arinda Gustianing Ratih

Ratih, Arinda Gustianing (2015) Penerapan pendekatan kritik holistik dalam pembelajaran apresiasi seni tari nusantara pada kelas VIII A di SMP Negeri 2 Pakisaji Kabupaten Malang / Arinda Gustianing Ratih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ratih Arinda Gustianing. 2015. Penerapan Pendekatan Kritik Holistik dalam Pembelajaran Apresiasi Seni Tari Nusantara Pada Kelas VIIIA di SMPN 2 Pakisaji Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Iriaji M.Pd. Kata Kunci Pendekatan Kritik Holistik Apresiasi Seni Tari Nusantara SMPN 2 Pakisaji. Konsep pembelajaran seni yang berkualitas memiliki pengaruh dalam pembentukan sikap kebiasaan dan kemampuan seorang siswa dimana siswa memiliki tanggung jawab untuk dapat mengukur hasil yang diperolehnya. Pembelajaran yang baik memiliki kualitas proses yang baik pula seperti siswa aktif dalam pembelajaran dan metode guru yang menarik sehingga berimbas pada hasil belajarnya. Pembelajaran apresiasi seni tari Nusantara di SMPN 2 Pakisaji kurang mampu meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa. Salah satu alternatif untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa dapat menggunakan pendekatan kritik holistik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran apresiasi seni tari Nusantara menggunakan pendekatan kritik holistik. Penelitian ini menggunakan rancangan jenis penelitian tindakan kelas. Di mana setiap siklus terdiri dari 1) Perencanaan 2) Pelaksanaan 3) Pengamatan dan 4) Refleksi. Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Pakisaji Kabupaten Malang. Subjek penelitiannya yaitu seluruh siswa kelas VIIIA yang berjumlah 29 orang. Pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan observasi wawancara tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan berupa data prosentase yang didapat dari penilaian proses dan hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dimana data yang dikumpulkan berupa kata-kata gambar dan angka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas proses dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Indikator mengungkapkan tanggapan terhadap karya seni Tari Topeng Bapang meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 40 2%. Indikator bekerja sama dengan kelompoknya meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 41 2%. Indikator mendeskripsikan faktor genetik meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 34 9%. Indikator mendeskripsikan informasi faktor objektif meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 37%. Indikator mendeskripsikan informasi faktor afektif meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 33 9 %. Indikator membandingkan dengan karyanya yang lain atau karya seniman lain yang sejenis meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 34 2%. Indikator melakukan tanya jawab tentang hasil apresiasi seni Tari Topeng Bapang meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 34 8%. Sedangkan hasil belajar siswa dilihat dari aspek kognitif meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 24 4%. Aspek afektif meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 16. Aspek psikomotor meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 11. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kualitas proses dan hasil belajar siswa untuk itu disarankan agar guru Seni Budaya menggunakan pendekatan kritik holistik untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa pada pembelajaran apresiasi seni tari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Nov 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13789

Actions (login required)

View Item View Item