Media pembelajaran tari topeng patih Kedungmonggo berupa video tutorial di kelas VII B SMP Negeri 2 Pakisaji Kabupaten Malang / Yoga Hadi Pratama

Pratama, Yoga Hadi (2019) Media pembelajaran tari topeng patih Kedungmonggo berupa video tutorial di kelas VII B SMP Negeri 2 Pakisaji Kabupaten Malang / Yoga Hadi Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Pratama, Yoga Hadi. 2019. Media Pembelajaran Tari Topeng Patih Kedungmonggo Berupa Video Tutorial di Kelas VII B SMP Negeri 2 Pakisaji Kabupaten Malang, Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Soerjo Wido Minarto, M.Pd, (II) Rully Aprilia Zandra, M.Pd., M.Sn Kata kunci: Media Pembelajaran, Tari Topeng Patih, Kedungmonggo, Tutorial. Pelajaran seni tari dengan materi elemen gerak tari Topeng Patih perlu dibantu dengan media berupa video, agar hasil belajar peserta didik meningkat dan menunjang minat belajar siswa dalam menerima materi pada pelajaran seni budaya sub bidang seni tari, serta mengenalkan kebudayaan lokal daerah setempat dan tidak hanya itu media pembelajaran juga meningkatkan ketertarikan peserta didik dengan materi yang disampaikan, sehingga nilai siswa bisa memenuhi target. Tujuan penelitian ini yaitu membantu siswa memahami materi elemen gerak tari pada mata pelajaran seni budaya sub bidang seni tari yaitu menghasilkan media pembelajaran berupa video tutorial tari Topeng Patih yang dapat bermanfaat bagi guru dan siswa dalam meningkatan kualitas belajar mengajar pada mata pelajaran seni budaya. Metode penelitian dan pengembangan menggunakan metode research and development oleh Borg and Gall yang dimodifikasi sesuai kebutuhuan penelitian sebagai berikut : (a) Potensi dan Masalah; (b) Pengumpulan Data; (c) Desain Produk; (d) Validasi Ahli Materi; (e) Revisi Produk I; (f) Validasi Ahli Media; (g) Revisi Produk II, (h) Uji Coba Pemakaian, (i) Revisi Produk; dan (j) Produksi Massal. Instrumen pengambilan data di ujikan dan dinilai oleh ahli materi pertama (guru seni budaya), ahli materi kedua (seniman tari), ahli multimedia (dosen), dan siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Pakisaji sebagai uji coba kelompok besar. Hasil validasi dinyatakan valid atau layak setelah melalui proses uji validasi tahap I dan II, yang dinilai oleh ahli materi pertama tahap I (92,5%) tahap II (97,5%), ahli materi kedua tahap I (100%), ahli multimedia tahap I (85%) tahap II (95%), uji coba kelompok besar melalui soal pre test mencapai (58,69%) dan soal post test mencapai (94,54%) Dinyatakan valid sebagai media pembelajaran dengan jumlah keseluruhan presentase mencapai (93,8%) siswa mencapai KKM 80 setelah menggunakan media berupa video pembelajaran tari Topeng Patih. Penelitian dan pengembangan ini mengharapkan bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan media berupa games tentang tari Topeng Patih agar media pembelajaran di bidang seni tari semakin beragam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13783

Actions (login required)

View Item View Item