Fungsi musik bagi mahasiswa tunanetra yang tergabung dalam Sped Band di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang / Astuti

Astuti (2019) Fungsi musik bagi mahasiswa tunanetra yang tergabung dalam Sped Band di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang / Astuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Astuti. 2015. Fungsi Musik Bagi Mahasiswa Tunanetra yang Tergabung dalam Sped Band di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr.Robby Hidajat, M.Sn, (II) Hartono, S.Sn, M.Sn. Sped band adalah komunitas musik yang dibentuk oleh Jurusan Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Malang, semua anggotanya tergolong sebagai tunanetra. Tujuan anggota sped band bermain musik karena musik dianggap sebagai salah satu sarana untuk menyampaikan perasaan anak tunanetra terhadap tanggapan masyarakat mengenai keterbatasannya dalam melakukan suatu kegiatan. Alasan inilah yang mendasari penelitian. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui (1) perencanaan sped band sebelum bermain musik, (2) proses sped band belajar bermain musik, dan (3) hasil belajar sped band dalam bermain musik. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan narasumber utama yaitu Aris (24 tahun), Gusti (22 tahun), Riski (25 tahun), dan Sudarsini (63 tahun) dan peneliti sebagai instrumen utama dalam penelitian. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Prosedur analisis data menggunakan analisis sebelum di lapangan, data di lapangan meliputi pengumpulan data, pengurangan, penyajian, menarik kesimpulan, dan analisis data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan tehnik triangulasi, untuk memecahkan masalah dalam penelitian ini menggunakan teori (Djohan, 2009: 64-240) tentang psikologi musik. Tahap-tahap penelitian meliputi persiapan, pelaksanaan, dan penyusunan laporan. Hasil penelitian (1) perencanaan sped band sebelum belajar bermain yaitu pada persiapan lagu serta waktu dan tempat latihan. (2) proses belajar bermain musik yaitu mendengarkan lagu terlebih dahulu, dengan menggunakan alat bantu seperti mobile phone dan MP3, selanjutnya mempraktekkan lagu beserta kunci, dan terakhir mengadakan sharing kelompok dengan anggota lainnya, dan (3) hasil belajar bermain musik oleh sped band yaitu adanya pengaruh musik pada (a) bidang studi mata kuliah yang kemudian difokuskan pada dua mata kuliah yaitu seni ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) dan gerak irama, (b) pengaruh musik dalam mendukung dan mengarahkan pada bidang profesi sebagai pendidik seni, dan (c) mendukung pada kebutuhan finansial. Kata kunci: Tunanetra, musik, Pendidikan Luar Biasa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Apr 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13780

Actions (login required)

View Item View Item