Struktur penyajian dan fungsi musik iringan tari jaranan dor di Sanggar Sido Mulyo Desa Ngroto Kecamatan Pujon / Mukti Irianto

Irianto, Mukti (2019) Struktur penyajian dan fungsi musik iringan tari jaranan dor di Sanggar Sido Mulyo Desa Ngroto Kecamatan Pujon / Mukti Irianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Irianto, Mukti. 2018. Struktur Penyajian Musik Iringan Tari Kesenian Jaranan di sanggar Sido Mulyo Desa Ngroto kecamatan Pujon. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Endang Wara Suprihatin D. P, M.Pd, (II) Kelik Desta Rahmanto S.Sn, M.Pd Kata Kunci: Struktur Penyajian, Fungsi Musik Iringan Tari, Jaranan Dor, Pujon Sanggar Sido Mulyo Desa Ngroto Kecamatan Pujon, adalah salah satu daerah yang masih menjaga dan melestarikan kesenian Jaranan Dor. Jaranan Dor merupakan kesenian yang mempunyai ciri khas yang terdapat pada instrumen jidor. Struktur musik Jaranan Dor di sanggar Sido Mulyo adalah urutan pakem atau asli yang secara turun-temurun masih dilestarikan, mulai dari musik pembuka atau suguh, musik inti dan musik akhir atau ulih-ulihan. Instrumen yang digunakan yaitu kendhang, cimplung, angklung dan Jidor. Struktur atau urutan musik pada kesenian Jaranan Dor masih pakem. Fungsi musik pada kesenian Jaranan Dor masih umum sama seperti kesenian-kesenian Jaranan Dor lainnya. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan struktur penyajian dan fungsi musik iringan tari Jaranan Dor di sanggar Sido Mulyo Desa Ngroto Kecamatan Pujon Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di desa Ngroto kecamatan Pujon. Narasumber utama dalam penelitian ini adalah Sugiyono, Narto, dan Yopi. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kegiatan analisis data di mulai dari tahap reduksi data, kemudian penyajian data dan mengambil kesimpulan. Pada pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) struktur penyajian musik iringan tari Jaranan Dor di sanggar Sido Muyo Desa Ngroto Kecamatan Pujon meliputi musik pembuka atau suguh, musik inti atau isen-isen dan musik akhir atau ulih-ulihan (2) fungsi musik iringan tari jaranan dor di sanggar Sido Muyo desa Ngroto kecamatan Pujon terdapat musik pembuka sebagai pemberi suasana, musik inti sebagai penegas gerak, dan musik akhir sebagai pemberi suasana. Kesimpulan yang didapatkan melalui penelitian ini adalah musik pembuka menggunakan tempo lambat atau disebut lamba dan dinamika yang lembut atau disebut lirih, terdapat suguh yang di awali dengan instrumen kendhang, ojob-ojob adalah doa-doa yang dinyanyikan seperti tembang seiringan dengan musik suguh, dengan menggunakan notasi angka. Dalam musik inti terdapat Isen-isen yaitu tempo cepat atau disebut seseg dan dinamika yang keras atau disebut wudahar. Musik akhir atau ulih-ulihan adalah pengulangan ke bagian musik pembuka yaitu dengan tempo yang lambat atau disebut lamba dan dinamika yang lembut atau disebut lirih.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13776

Actions (login required)

View Item View Item