Representasi dua musim tanam di Kecamatan Gondangwetan, Kabupaten Pasuruan sebagai ide garap karya musik "Dwi Mangsa" / Mohammad Bayu Anggara

Anggara, Mohammad Bayu (2019) Representasi dua musim tanam di Kecamatan Gondangwetan, Kabupaten Pasuruan sebagai ide garap karya musik "Dwi Mangsa" / Mohammad Bayu Anggara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggara, Mohammad Bayu. 2018. Representasi dua musim tanam di Kecamatan Gondangwetan, Kabupaten Pasuruan sebagai ide garap karya musik "Dwi Mangsa". Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. (I) Dr. Robby Hidajat, M.Sn (II) Rully Aprilia Zandra, S.Pd, M.Pd, M.Sn. Kata Kunci: Penciptaan, Dua Musim, Fantasia, Programma, Chamber Music. Dwi Mangsa adalah karya musik berbentuk Fantasia, bergenre klasik dan dimainkan dengan format kuartet gesek ganda. Karya ini berjenis musik instrumental dan programma, menceritakan tentang kerinduan pencipta akan suasana kegiatan masyarakat pada dua musim tanam (kemarau dan penghujan) di kampung halamannya, di Desa Wonosari, Kecamatan Gondangwetan, Kabupaten Pasuruan. Karya ini menceritakan dua musim tanam dalam 4 bagian yang berbeda. Program yang disajikan pencipta sesuai 4 bagian tersebut masing-masing adalah: (1) kegiatan masyarakat ketika musim kemarau tiba (2) cuaca panas yang mempengaruhi semangat masyarakat dalam bekerja dan berkegiatan (3) musim hujan tiba, hujan badai bisa datang kapan saja (4) kondisi masyarakat setelah dilanda hujan badai. Penciptaan karya ini bertujuan agar masyarakat dapat menikmati karya musik instrumental tentang alam dan manusia. Harapannya agar nantinya keberadaan dua musim dapat dinikmati lebih spiritual dan personal melalui sebuah rangkaian karya musik. Pengolahan material pada karya ini meliputi pemenuhan unsur-unsur Klasik Modern dalam karyanya yakni adanya tema, bridge, serta yang terpenting tetap mengedepankan ansambel sehingga terwujud keterkaitan antar partitur tiap instrumen dalam karya ini, setiap bagian dalam karya Dwi Mangsa ini memiliki karakter musik yang berbeda-beda mengikuti program yang ada di dalamnya. Karya ini akan ditampilkan dengan format chamber music. Karya musik yang tercipta telah berkontribusi menambah perbendaharaan dan referensi karya bagi musisi klasik dan mahasiswa jurusan seni musik di lembaga universitas. Saran bagi komposer musik yang lain, khususnya mahasiswa jurusan seni musik untuk mengkaji dan mengembangkan musik klasik dalam ranah musik pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13774

Actions (login required)

View Item View Item