Ristantyo, Rizky Agil (2018) Pengaruh bermain alat musik rekorder terhadap kecerdasan musikal pada mata pelajaran seni budaya di SMP Negeri 1 Lawang / Rizky Agil Ristantyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Ristantyo Agil Rizky. 2018. Pengaruh Bermain Alat Musik rekorder terhadap Kecerdasan Musikal Pada Mata Pelajaran Seni Budaya di SMP Negeri 1 Lawang. Skripsi Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Ninik Harini M.Sn (2) Kelik Desta Rahmanto S.Sn M.Pd. Kata Kunci Bermain Rekorder Kecerdasan Musikal SMP Negeri 1 Lawang terdapat beberapa siswa kelas VII yang tidak dapat menirukan nada pada keyboard dengan tepat sehingga menjadi dasar bagi peneliti untuk melakukan penelitian tentang pengaruh pelatihan memainkan instrumen musik terhadap tingkat kecerdasan musikal. Penggunaan rekorder dipilih karena alat musik rekorder sederhana mudah didapat dan terstandar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk membuktikan adanya pengaruh dari pemberian media rekorder terhadap kecerdasan musikal pada siswa SMP Negeri 1 Lawang kelas VII D. Pengukuran musikalitas dilakukan dengan menggunakan soal lembar penilaian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pre-experimental (eksperimental semu) dan dengan metode one group pretest posttest design. Saat melakukan pretest subyek penelitian menjawab soal lembar penilaian. Subyek diberikan perlakuan selama 1 5 bulan atau 6 minggu dengan 1 minggunya dilakukan 2 kali perlakuan dengan diberikan teknik-teknik bermain rekorder setelah itu dilakukan posttest. Posttest dilakukan dengan menjawab soal lembar penilaian yang sama. Setelah dilakukan pretest dan posttest dilakukan pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan syarat melakukan uji normalisasi dan uji homogenitas terlebih dahulu. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diperoleh hasil penerapan bermain rekorder terhadap kecerdasan musikal rata-ratanya 11.47 dan standar deviasi 2.88 dibandingkan dengan sebelum pemberian bermain rekorder rata-ratanya 9.28 dan standar deviasi 4.95. Berdasakan data hasil penelitian yang diperoleh rata-rata posttest lebih tinggi dibanding rata-rata pretest Kesimpulan yang diambil dari penelitian ini adalah latihan bermain rekorder secara signifikan berpengaruh terhadap kecerdasan musikal pada siswa SMP Negeri 1 Lawang kelas VII D. Berdasarkan kesimpulan tersebut maka selanjutnya mengemukakan saran yaitu perlu diadakannya penelitian yang serupa dengan tambahan pemberian latihan bermain alat musik sederhana.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Oct 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/13767 |
Actions (login required)
View Item |