Metode pembelajaran piano untuk penyandang autis di Sekolah Musik Sforzando Surabaya / Marsya Septiana Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Metode pembelajaran piano untuk penyandang autis di Sekolah Musik Sforzando Surabaya / Marsya Septiana Putri

Putri, Marsya Septiana (2018) Metode pembelajaran piano untuk penyandang autis di Sekolah Musik Sforzando Surabaya / Marsya Septiana Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Putri Marsya Septiana. 2018. Metode Pembelajaran Piano Untuk Penyandang Autis Di Sekolah Musik Sforzando Surabaya. Skripsi. Jurusan Seni dan Desain. Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Ninik Harini M.Sn (II) Ika Wahyu Widyawati S.Pd M.Pd Kata kunci Metode Pembelajaran Piano Penyandang Autis Sekolah Musik Sforzando Surabaya. Sekolah Musik Sforzando Surabaya merupakan lembaga musik yang memiliki fasilitas pembelajaran musik untuk peserta didik berkebutuhan khusus dan memiliki metode pembelajaran yang divariasikan sehingga peserta didik lebih mudah dalam penerimaan materi pembelajaran. Hal ini menjadi alasan peneliti untuk lebih menggali metode pembelajaran piano untuk peserta didik berkebutuhan khusus yang terfokuskan pada penyandang autis serta mengetahui faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan metode pembelajaran piano untuk penyandang autis di Sekolah Musik Sforzando Surabaya dan faktor pendukung dan penghambat dalam metode pembelajaran piano untuk penyandang autis di Sekolah Musik Sforzando Surabaya. Pendekatan penelitian yang digunakan untuk mengkaji adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan metode pembelajaran dan faktor pendukung dan penghambat pembelajaran. Metode pembelajaran piano menggunakan dua metode yaitu metode simulasi dan metode demonstrasi. Pembelajaran piano meliputi cara bermain piano serta tangga nada dan akor dalam piano. Serta perilaku anak autis. Faktor pendukung dan penghambat meliputi internal dan eksternal. Faktor pendukung internal yaitu motivasi dan minat. Faktor pendukung eksternal yaitu dorongan orang tua serta sarana dan prasarana. Faktor penghambat internal meliputi rendah diri dan malas. Faktor penghambat eksternal meliputi sikap guru dalam mengajar serta penyampaian materi yang monoton. Kesimpulan yang didapatkan melalui penelitian ini adalah metode pembelajaran piano untuk penyandang autis di Sekolah Musik Sforzando Surabaya adalah metode simulasi dan demonstrasi. Faktor pendukung dan penghambat meliputi internal dan eksternal. Diharapkan penelitian ini dapat dikembangkan dengan penelitian tentang strategi pembelajaran piano untuk penyandang autis sehingga dapat menggalih lebih dalam metode pembelajaran lain yang dapat membantu pembelajaran anak berkebutuhan khusus khususnya pada penyandang autis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13765

Actions (login required)

View Item View Item