Mangan sate, sak sunduke / Syafiq Agil Varisandi - Repositori Universitas Negeri Malang

Mangan sate, sak sunduke / Syafiq Agil Varisandi

Varisandi, Syafiq Agil (2018) Mangan sate, sak sunduke / Syafiq Agil Varisandi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Varisandi Agil Syafiq. 2018. Penciptaan Karya musik Mangan Sate Sak Sunduke. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Unversitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Soerjo WIdo Minarto. M.Pd (II) Ika Wahyu Widyawati. M.Pd. Kata Kunci penciptaan karya musik Mangan Sate Sak Sunduke. Karya musik penciptaan yang berjudul Mangan Sate Sak Sunduke menceritakan tentang kehidupan manusia selama hidup di dunia agar selalu ingat kepada Allah SWT dan menggambarkan perilaku kehidupan manusia seperti sombong dan mengambil hak orang lain. Karya musik penciptaan ini menggunakan jenis musik yaitu musik program. Musik program merupakan musik yang menceritakan tentang suasana yang disajikan dalam bentuk instrument musik. Komposer dalam membuat karya musik melalui tahapan metode penciptaan seperti exploration experimentation forming compossing dan performing. Model penyajian karya musik ini menggunakan ansamble campuran ansamble terdiri dari ansamble sejenis dan ansamble campuran. Karya musik penciptaan yang berjudul Mangan Sate Sak Sunduke didukung dengan vocal dan instrument lainnya sehingga membentuk orkestrasi. Karya musik penciptaan yang berjudul Mangan Sate Sak Sunduke menambahkan instrument rebana pada instrument saron menggunakan teknik carug menggunakan pola pukulan keroncong dengan mengalih fungsikan instrument seperti keyboard violin violoncello dan menambahkan cymbal triangle dan saron sebagai pendukung. Karya musik penciptaan yang berjudul Mangan Sate Sak Sunduke terdapat empat bagian. Bagian ke- 1 menggunakan tempo adagio 75 Bpm skala tangga nada mayor minor dan sukat 4/4. Bagian ini menggunakan variasi melodi dan variasi irama yang menggambarkan amal perbuatan buruk. Tangga nada pentatonis yaitu saron pelog seperti ji-ro-lu-nem-mo-ro-ro-lu-ro-ji. Transisi tempo berubah menjadi largo 59 Bpm dan menggunakan tangga nada mayor menggambarkan amal perbuatan baik. Bagian ke- 2 tempo berubah menjadi larghetto 61 Bpm terdapat penambahan rebana untuk menunjukkan unsur religi Bagian ke- 3 terdapat solo violoncello menggunakan teknik slide tremolo dan pizzicato selain itu terdapat accent memberikan tekanan dan perubahan tempo andante 80 Bpm sukat 5/4 dan suara vocal berbunyi keras dengan artikulasi tidak jelas. Bagian transisi terdapat 10 bar dialih fungsikan sebagai instrument musik keroncong seperti keyboard berfungsi sebagai cak violin berfungsi sebagai cuk dengan teknik pizzicato violoncello sebagai cello keroncong triangle dan cymbal berfungsi sebagai pendukung. Bagian ke- 4 variasi bebas dengan mengembangkan pola pada bagian ke- 1 dan bagian ke- 3 menggunakan instrument isinya tentang nasehat mengajak untuk kembali kejalan yang benar. Ketika hidup di dunia manusia mempunyai perbuatan baik dan buruk yang nantinya mendapat balasan setimpa ketika diakhirat. Karya musik penciptaan ini agar dijadikan referensi bagi mahasiswa PSTM konsenrasi musik dan sebagai pitutur bagi masyarakat umum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13764

Actions (login required)

View Item View Item