Struktur perrtunjukan Sinongkelan di Dusun Ngepoh Desa Prambon Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek / Dias Bayu Prayogo - Repositori Universitas Negeri Malang

Struktur perrtunjukan Sinongkelan di Dusun Ngepoh Desa Prambon Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek / Dias Bayu Prayogo

Prayogo, Dias Bayu (2018) Struktur perrtunjukan Sinongkelan di Dusun Ngepoh Desa Prambon Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek / Dias Bayu Prayogo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv ABSTRAK Prayogo Dias.B. 2018. Struktur Pertunjukan Sinongkelan Di Dusun Ngepoh Desa Prambon Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing 1) Dra. Ninik Harini M.Sn 2) Kelik Desta Rahmanto S.Sn M.Pd. Kata kunci Sinongkelan Dusun Ngepoh Desa Prambon Kecamatan Tugu Pertunjukan Sinongkela merupakan pertunjukan tradisional dengan lakon Kanjeng Sinongkel yang berjuang untuk kemakmuran desa. Pertunjukan ini memiliki struktur pertunjukan sakral humoris dan religius yang mengisahkan tentang babad desa Prambon. Struktur penyajian pada pertunjukan Sinongkelan diantarnya yaitu pembuka bagian inti dan bagian penutup yang dipakemkan pada setiap pertunjukannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Struktur Pertunjukan Sinongkelan Di Dusun Ngepoh Desa Prambon Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian berada di Dusun Ngepoh Desa Prambon Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek. Narasumber dalam penelitian ini adalah Musimin Seni Kawuk Jany Misnan Aanang Irwanto dan Darty. Pengumpulan data dalam penelitian melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Kegiatan analisis data mulai dari tahap reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan mengguanakan trianggulasi tehnik dan trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pertunjukan Sinongkelan di Dusun Ngepoh Desa Prambon memiliki struktur pertunjukan sebagai berikut pada bagian pembuka merupakan pembacaan doa secara adat. Bagian inti pertunjukan yaitu percakapan Kanjeng Sinongkel dengan Patih Chekso Negoro dilanjut penangkapan kijang kencana yang diselingi tarian gandhek dengan menggunakan iringan ghending ayak. Bagian penutup pada pertunjukan Sinongkelan yaitu Rejan- rejan diiringi ghending Gunung Sari. 2) fungsi pertunjukan Sinongkelan di Dusun Ngepoh Desa Prambon sebagai berikut Pertunjukan Sinongkelan difungsikan sebagai sarana upacara adat Ritual Nyadran yang digelar setahun sekali pada bulan Selo 14 purnama. Ritual Nyadran dilakukan denggan cara bersesaji untuk menghormati para leluhur dan makhluk halus yang telah membantu menjaga Desa Prambon serta diadakannya selamatan sebagai bentuk rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kelancara pada pertunjukan Sinongkelan. Kesimpulan dan saran pada penelitian ini adalah terdapat struktur dan fungsi pada pertunjukan Sinongkelan yang ada di Dusun Ngepoh Desa Prambon Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek. Saran diharapkan adanya penelitian lebih lanjut menyempurnakan hasil penelitian berikutnya yang lebih mendalam dan meluas terhadap perkembangan pertunjukan Sinongkelan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13763

Actions (login required)

View Item View Item