Pengukir, Diah Ayu (2018) Pembelajaran tari aeddher dalam kegiatan ekstrakurikuler seni tari di SMPN 1 Situbondo / Diah Ayu Pangukir. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Diah Ayu Pengukir. 2018. Pembelajaran Tari Aeddher dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari di SMPN 1 Situbondo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra.Ninik Harini M.Sn (II) Hartono S.Sn M.Sn. Kata Kunci Pembelajaran Tari Aeddher Kegiatan Ekstrakurikuler SMPN 1 Situbondo SMPN 1 Situbondo merupakan salah satu sekolah Menengah pertama yang memberikan kemampuan keterampilan terhadap peserta didik dalam mata pelajaran maupun di kegiatan ekstrakurikuler. Program kegiatan ekstrakueikuler dapat mecangkup berbagai macam kegiatan yang menarik minat peserta didik tujuan kegiatan ekstrakurikuler menekankan pada bakat atau potensi individu melalui kegiatan tambahan yang intensif. Dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMPN 1 Situbondo memiliki banyak prestasi yang diraih dalam bidang ekstrakurikuler seni tari salah satunya adalah prestasi tari aeddher. Tari aeddher ialah salah satu materi yang digunakan pada kegiatan pembelajaran ekstrakurikuler. Tujuan peneliti adalah mendeskripsikan pembelajarn tari aeddher dalam kegiatan ekstrakurikuler seni tari di SMPN 1 Situbondo. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi wawancara dan dokumentasi. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap pengumpulan data tahap reduksi tahap penyajian serta tahap penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tari aeddher dalam kegiatan ekstrakurikuler seni tari di SMPN 1 Situbondo melalui tahap Perencaaan Pembelajaran dimana guru hanya menyiapkan materi tentang tari aeddher metode dan media. Materi yang diajarkan berdasarkan kemampuan peserta didik dengan cara dibentuk kelompok dan dengan cara drill (latihan) yang dilakukan secara bertahap dalam memberikan materi gerak tari aeddher. Metode yang digunakan meliputi metode imitasi (meniru) metode tanya jawab serta metode ceramah. Media yang digunakan meliputi sound system dan musik tari yang disediakan oleh guru. Pelaksanaan Pembelajaran ekstrakurikuler meliputi Kegiatan awal Kegiatan inti dan Kegiatan akhir. Evaluasi Pembelajaran meliputi evaluasi proses dilihat dari keaktifan kemampuan kesungguhan dan kedisiplinan evaluasi hasil dilihat dari ketika peserta didik memperagakan gerak tari aeddher dengan tiga aspek yaitu wiraga wirasa dan wirama. Saran bagi peneliti lain untuk membuat media pembelajaran berupa video atau perangkat yang lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Oct 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/13762 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |